Monday, June 6, 2016

Android Samsung Terkunci Karena Lupa Password, Bypass via OTG

Menjaga suatu keamanan memang sudah menjadi hal yang sangat pentng terutama saat menggunakan smartphone canggih berbasis Android, saat menggunakan ponsel pintar tersebut data privasi anda sangat di utamakan, karena dengan keleluasaannya smartphone yang satu ini anda dapat mengakses apapun terutama hal-hal yang berhubungan dengan bisnis atau hal lainnya, ya mungkin hal yang bersifat sangat rahasia sehingga tidak sembarang orang/publik mengetahuinya.

Bahkan Google sendiri telah melengkapi fitur keamanan terbaru untuk mempermudah dalam melindungi smartphone Android kesayangan kamu, sejak lahirnya OS (Operating System) teranyar yaitu "Android 5.0 Lollipop" Google menyediakan fitur yang disebut "FRP" atau kepanjangan dari "Factory Reset Protection", yang berguna untuk melindungi "Factory Reset" jadi pada saat melakukan factory reset tersebut memerlukan password untuk dapat mengaksesnya.

Tentu saja fitur ini sangat berguna untuk sang pemilik misalnya, pada saat menemui masalah seperti kehilangan smartphone dan jatuh ketangan orang lain atau secara kasarnya smartphone Android anda telah dicuri, nah, biasanya si pencuri untuk mengembalikan semuanya ke setelan pabrik agar bisa terjual, hanya melakukan factory reset namun dengan adanya fitur teranyar Factory Reset Protection smartphone tersebut memerlukan password dan jika dilakukan secara paksa secara otomatis smartphone akan terkunci/terblokir dan memerlukan verifikasi kepemilikan Google.


Android Samsung Terkunci Karena Lupa Password, Bypass via OTG

Dalam kasus ini Androidtechnoria akan mencoba membahas khususnya untuk para pengguna smartphone samsung ya sudah memiliki fitur Factory Reset Protection dan ingin melakukan factory reset dengan tujuan agar smartphone tersebut kembali seperti semula ke setelan pabrik.

Akan tetapi karena adanya fitur FRP ini anda diwajibkan untuk memverikasi kepemilikan smartphone tersebut dan parahnya bagaimana jika kamu memang benar-benar lupa kata sandi/password akun yang kamu daftarkan sebelumnya, atau bisa juga anda tidak tahu akun google mana yang sedang digunakan oleh smartphone tersebut, namun disini kita akan membahasnya, oke langsung saja simak berikut ini.


Untuk melakukan bypass sendiri smartphone harus mendukung OTG, karena masalah ini sering sekali terjadi pada smartphone berbasis Android 5.0 ke-atas maka untuk mengatasinya bisa kamu lakukan dengan melakukan bypass verifikasi akun Google guna untuk lolos dari verifikasi tersebut. dan untuk melakukan bypass sendiri ada 3 metode bypass antara lain yaitu metode OTG, metode Sidesync (Personal Computer/PC), dan metode ekstrim, namun saya akan membahas salah satu metode saja yaitu via OTG.

Bahan Yang Diperlukan :

  • Flashdisk
  • Kabel OTG
  • Wifi Hotspot
  • Aplikasi Bypass Google Account (Download)

Cara Bypass Verifikasi Akun Google via OTG :


  1. Pertama, download aplikasi "Bypass Google Account" pada link diatas, lalu simpan ke "Flashdisk".
  2. Sekarang, matikan smartphone kamu dan masuk ke recovery mode dengan menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Up + Home, tekan dan tahan secara bersamaan.
  3. Setelah layar smartphone menyala lepaskan tombol Power tapi jangan dilepas tombol Home dan tombol Volume atas, tetap tekan kedua tombol tersebut.
  4. Lalu setelah masuk ke recovery menu, lakukan factory reset. 
  5. Sekarang lakukan reboot/restart dan saat smartphone menyala nanti kamu akan melihat setup wizard, ikuti saja langkah-langkah nya sampai smartphone meminta untuk memasukkan rincian akun Google yang tidak kamu ingat.
  6. Setelah itu sambungkan smartphone dengan Flashdisk melalui kabel OTG
  7. Dan nanti akan terlihat file explorer di perangkat pada saat proses setup tersebut.
  8. Kemudian cari dan pilih file aplikasi Bypass yang sudah kamu download pada tahap sebelumnya.
  9. Lalu pasang aplikasi Bypass tersebut dan jika muncul dialog "Install blocked" masuk ke "Settings - Security settings" dan beri tanda ceklis pada "Unknown Source", lalu coba install lagi aplikasinya.
  10. Sekarang jelankan aplikasinya, disini kamu harus melakukan factory reset lagi dengan cara pilih menu "Backup and Reset - Factory Data Reset - Reset Device" dan "Erase everything".
  11. Saat proses reboot/restart berlangsung, segera lepaskan kabel OTG dari perangkat, kemudian lakukan aktivasi ulang sesuai petunjuk yang diberikan.
  12. Selesai, dengan ini sepertinya kamu tidak akan menemui masalah aktivasi lagi.

Ribet atau sulit? menurut saya sih mudah yang perlu anda lakukan yaitu simak/perhatikan dan praktekan dengan seksama, maka anda tidak akan menemui kesulitan dalam mengikuti langkah demi langkah panduan diatas, semoga saja cara ini dapat bekerja dengan semestinya.

Artikel Terkait

Android Samsung Terkunci Karena Lupa Password, Bypass via OTG
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.