Saturday, June 3, 2017

Cara Flashing Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin

Cara flashing dalam dunia gadget seperti jenis smartphone dengan sistem operasi Android merupakan panduan yang setidaknya perlu untuk diketahui, sebagaimana keperluan yang sangat penting jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan perihal upgrade OS atau memperbaiki OS disaat masa kritis, seperti yang kita ketahui sendiri bahwa OS Android ini merupakan sistem operasi yang bersifat open-source, sehingga para pengguna smartphone Android bisa secara bebas melakukan kustomisasi ponsel kesayangan mereka.

Jika kita mengetahui istilah-istilah pada umumnya yang begitu familiar di beberapa kalangan para pengguna smartphone Android, tentunya tidak akan aneh lagi bahwa disetiap penggunaan selalu saja beberapa pengguna menginginkan hal yang lain, kita ambil contoh dalam ketersediaan OS. Yang dimana operating system ini berada di posisi bukan OS terbaru, namun sudah tersedia firmware dengan OS yang paling baru, dan jika kamu menginginkan proses upgrade maka tahap flashing lah yang kamu butuhkan.

Atau mungkin kamu mempunyai masalah terhadap ponsel kesayangan kamu, sehingga kinerja smartphone yang kamu gunakan tidak berjalan dengan normal seperti biasanya, atau bahkan memang terdapat kerusakan atau kehilangan pada bagian system Android yang sangat penting dan membuat kinerja fatal, sering error, hang, atau bahkan bootloop dan hardbrick, tapi tenang saja kamu masih bisa mengakali sendiri tanpa harus beranjak service center, antara lain dengan proses flashing.

Cara Flashing Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin

Nah, jika kamu sedang membutuhkan panduan flashing, silahkan simak ulasan berikut ini tentang tutorial Cara Flashing Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin dengan baik dan benar lengkap beserta gambar.

Bahan Yang Diperlukan :

  1. Perangkat PC atau Komputer
  2. Kabel USB / USB Cable
  3. Kapasitas Baterai 75% + Lebih Bagus.
  4. Samsung USB Drivers (Download)
  5. Software Odin v3 (Download)
  6. Firmware Untuk Samsung Galaxy S6 SM-G920F Region Indonesia (Download)

Cara Flashing Firmware Samsung Galaxy S6 SM-G920F :

1. Pastikan kapasitas baterai ponsel minimal 75% atau lebih, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti kehabisan baterai saat proses flashing dilakukan.


2. Persiapkan juga bahan yang diperlukan diatas "Download" dan "Extract" semua bahannya.

3. Setelah itu install "Samsung USB Drivers" dan pastikan proses instalasi driver berjalan dengan baik, agar perangkat bisa terdeteksi dengan baik di PC nantinya.

4. Selanjutnya, install software "Odin v3" dan jalankan software tersebut.

5. Sekarang matikan perangkat samsung galaxy s6 sobat, lalu dalam keadaan ponsel mati tekan kombinasi tombol "Volume Down + Power + Home" sehingga masuk ke download mode.

6. Kemudian pilih "Continue" untuk melanjutkan, dengan menekan tombol "Volume Up" sehingga masuk ke "Download Mode" persis seperti tampilan gambar dibawah ini.

Cara Flashing Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin

7. Sekarang sambungkan perangkat samsung sobat ke komputer menggunakan kabel USB.


8. Jika perangkat samsung sudah terdeteksi di odin, maka kamu akan melihat tanda warna biru pada bagian "ID:COM".

9. Selanjutnya klik "PDA/AP" dan pilih file firmware yang sudah kamu download dan extract pada tahap sebelumnya, biasanya file firmware nya berformat ".md5".

Cara Flashing Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin

10. Setelah itu klik "Start" dan tunggu proses flashing hingga selesai. (Pastikan perangkat samsung tetap tersambung dengan baik dengan komputer).

11. Jika proses flashing berhasil kamu akan melihat warna hijau dengan kata "PASS!" dan secara otomatis smartphone akan reboot dan proses flashing pun selesai.

Cara Flashing Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin

Catatan :


Jika kamu mendapatkan masalah saat proses flashing dilakukan, misalnya seperti perangkat smartphone tidak terdeteksi di perangkat komputer, bisa saja karena "Samsung USB Drivers" tidak terpasang dengan benar di PC atau bisa juga karena kabel data yang tidak cocok sehingga tidak dapat menyambungkan perangkat dengan benar, nah sebagai solusinya yaitu kamu hanya perlu melakukan instalasi ulang "Samsung USB Drivers" di PC lalu jika memang kabel data yang digunakan tak cocok maka pergunakan kabel data lainnya yang memungkinkan perangkat smartphone terdeteksi dengan baik di perangkat komputer.

Demikian tutorial langkah demi langkah tentang Cara Flashing Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin, semoga bermanfaat ya. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk mengisi form komentar yang ada dibawah ini.

Artikel Terkait

Cara Flashing Samsung Galaxy S6 SM-G920F Via Odin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.