Minggu, 07 Mei 2017

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 SM-G900F Via Odin

Solusi kerusakan terhadap perangkat smartphone Android yang tidak bisa berjalan dengan normal bisa menggunakan cara ini, yaitu melakukan flashing terhadap perangkat Samsung Galaxy S5 SM-G900F, dengan melakukan flashing firmware yang sesuai untuk perangkat tersebut sehingga permasalahan terhadap system atau software bisa diperbaiki dengan mudah, jadi tidak usah panik jika masih dalam zona kerusakan software bukan hardware, sebagai solusi ampuh menjadi obat yang handal permasalahan ini yaitu dengan proses flashing.

Seperti yang kita ketahui bahwa perangkat smartphone Android bersifat open-source atau lebih jelasnya sangat terbuka, sehingga para pengguna perangkat ini bisa secara leluasa mengutak-atik area system atau oprek memodifikasi sedemikian rupa untuk tujuan yang mereka inginkan, namun tidak sedikit yang membuat kesalahan sehingga menyebabkan kerusakan terhadap system atau system hilang, sehingga kinerja ponsel tidak semestinya, bahkan bisa menjadi error tidak berjalan dengan baik.

Kerusakan yang bisa didapat bisa beragam tingkatannya, dari mulai tingkatan rendah yang hanya mendapati error terhadap aplikasi, aplikasi tidak berjalan dengan baik, sering hang, fitur bawaan yang hilang, sering restart sendiri, stuck di logo android dan tidak bisa masuk ke halaman menu awal atau bisa disebut juga dengan bootloop, dan bisa juga lebih parahnya mendapati kerusakan terhadap system sehingga layar tak berfungsi bahkan tidak ada reaksi walaupun tombol power ditekan.

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 SM-G900F Via Odin

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan flash berikut ini tutorial tentang Cara Flashing Samsung Galaxy S5 SM-G900F Via Odin dengan baik dan benar panduan lengkap beserta gambar.

Bahan Yang Diperlukan :

  1. Perangkat PC atau Komputer
  2. Kabel USB / USB Cable
  3. Kapasitas Baterai (50% atau lebih)
  4. Samsung USB Drivers (Download)
  5. Software Odin v3 (Download)
  6. Firmware Untuk Samsung Galaxy S5 SM-G900F (Download)

Cara Flashing Firmware Samsung Galaxy S5 SM-G900F :

1. Pastikan kapasitas baterai ponsel minimal 50% atau lebih.

2. Persiapkan juga bahan yang diperlukan diatas "Download" dan "Extract" semua bahannya.

3. Setelah itu install "Samsung USB Drivers" dan pastikan proses instalasi driver berjalan dengan baik, agar perangkat bisa terdeteksi dengan baik di PC nantinya.

4. Selanjutnya, install juga software "Odin v3" dan jalankan software tersebut.

5. Sekarang matikan perangkat samsung sobat, lalu dalam keadaan ponsel mati tekan kombinasi tombol "Volume Down + Power + Home" sehingga masuk ke download mode.

6. Kemudian pilih "Continue" untuk melanjutkan, dengan menekan tombol "Volume Up" sehingga masuk ke "Download Mode" persis seperti tampilan gambar dibawah ini.

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 SM-G900F Via Odin

7. Sekarang sambungkan perangkat samsung sobat ke komputer menggunakan kabel USB.


8. Jika perangkat samsung sudah terdeteksi di odin, maka kamu akan melihat tanda warna biru pada bagian "ID:COM".

9. Selanjutnya klik "PDA/AP" dan pilih file firmware yang sudah kamu download dan extract pada tahap sebelumnya, biasanya file firmware nya berformat ".md5".

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 SM-G900F Via Odin

10. Setelah itu klik "Start" dan tunggu proses flashing hingga selesai. (Pastikan perangkat samsung tetap tersambung dengan baik dengan komputer).

11. Jika proses flashing berhasil kamu akan melihat warna hijau dengan kata "PASS!" dan secara otomatis smartphone akan reboot dan proses flashing pun selesai.

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 SM-G900F Via Odin

Catatan : Jika perangkat tidak terdeteksi di PC, bisa dipastikan "Samsung USB Drivers" tidak terpasang dengan benar, sebaiknya install ulang drivers lalu restart PC kamu lalu coba lagi, jika masih tidak terdeteksi bisa jadi kabel data atau kabel USB yang kamu gunakan tidak cocok walaupun tersambung namun tidak bisa untuk mendeteksi perangkat ke PC.

Demikian tutorial langkah demi langkah tentang Cara Flashing Samsung Galaxy S5 SM-G900F Via Odin, semoga bermanfaat ya. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk mengisi form komentar yang ada dibawah ini.

Tidak ada komentar: