Minggu, 07 Mei 2017

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F Via Odin

Masih dalam pembahasan panduan flashing kali ini saya akan mencoba membagikan sebuah tutorial Cara Flashing Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F Via Odin, bagi kamu yang sedang membutuhkan panduan ini bisa baca selengkapnya di artikel ini, yang mungkin bisa bermanfaat untuk keperluan instalasi firmware terkait dengan model perangkat samsung yang kamu gunakan dan bisa juga digunakan sebagai solusi kerusakan terhadap system, misalnya seperti error terhadap system, bootloop, hardbrick dan lain sebagainya.

Pada umumnya smartphone dengan OS Android itu memang bersifat open-source, sehingga para pengguna smartphone ini bisa secara leluasa merombak atau mengutak-atik dan memodifikasi area system sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, seperti halnya pemasangan tweak, rooting, instalasi custom recovery, pemasangan custom rom, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya untuk mempercantik dan memberikan fitur lebih sesuai yang diinginkan.

Namun, tidak sedikit para pengguna gadget selalu gegabah dalam memodifikasi system OS Android sehingga terkadang mendapati masalah karena bisa saja salah satu system penting terhapus, hilang, atau salah penempatan, tentu saja hasilnya bisa memperburuk kinerja atau bahkan OS tidak berjalan semestinya, dan juga tingkatan risiko yang didapat berbeda-beda tergantung system mana yang rusak atau hilang, seperti yang saya katakan diatas, dari mulai sering hang, sering restart atau reboot sendiri, aplikasi error, fitur bawaan hilang, bootloop atau bahkan hardbrick mati total.

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F Via Odin

Oke, bagi kalian yang ingin melakukan flashing berikut ini tutorial tentang Cara Flashing Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F Via Odin dengan baik dan benar lengkap beserta gambar.

Bahan Yang Diperlukan :

  1. Perangkat PC atau Komputer
  2. Kabel USB / USB Cable
  3. Kapasitas Baterai (50% atau lebih)
  4. Samsung USB Drivers (Download)
  5. Software Odin v3 (Download)
  6. Firmware Untuk Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F (Download)

Cara Flashing Firmware Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F :

1. Pastikan kapasitas baterai ponsel minimal 50% atau lebih.


2. Persiapkan juga bahan yang diperlukan diatas "Download" dan "Extract" semua bahannya.

3. Setelah itu install "Samsung USB Drivers" dan pastikan proses instalasi driver berjalan dengan baik, agar perangkat bisa terdeteksi dengan baik di PC nantinya.

4. Selanjutnya, install juga software "Odin v3" dan jalankan software tersebut.

5. Sekarang matikan perangkat samsung sobat, lalu dalam keadaan ponsel mati tekan kombinasi tombol "Volume Down + Power + Home" sehingga masuk ke download mode.

6. Kemudian pilih "Continue" untuk melanjutkan, dengan menekan tombol "Volume Up" sehingga masuk ke "Download Mode" persis seperti tampilan gambar dibawah ini.

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F Via Odin

7. Sekarang sambungkan perangkat samsung sobat ke komputer menggunakan kabel USB.


8. Jika perangkat samsung sudah terdeteksi di odin, maka kamu akan melihat tanda warna biru pada bagian "ID:COM".

9. Selanjutnya klik "PDA/AP" dan pilih file firmware yang sudah kamu download dan extract pada tahap sebelumnya, biasanya file firmware nya berformat ".md5".

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F Via Odin

10. Setelah itu klik "Start" dan tunggu proses flashing hingga selesai. (Pastikan perangkat samsung tetap tersambung dengan baik dengan komputer).

11. Jika proses flashing berhasil kamu akan melihat warna hijau dengan kata "PASS!" dan secara otomatis smartphone akan reboot dan proses flashing pun selesai.

Cara Flashing Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F Via Odin

Catatan :


Jika perangkat tidak terdeteksi di PC, bisa dipastikan "Samsung USB Drivers" tidak terpasang dengan benar, sebaiknya install ulang drivers lalu restart PC kamu lalu coba lagi, jika masih tidak terdeteksi bisa jadi kabel data atau kabel USB yang kamu gunakan tidak cocok walaupun tersambung namun tidak bisa untuk mendeteksi perangkat ke PC.

Demikian tutorial langkah demi langkah tentang Cara Flashing Samsung Galaxy S5 Mini SM-G800F Via Odin, semoga bermanfaat ya. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk mengisi form komentar yang ada dibawah ini.

Tidak ada komentar: