Tuesday, December 27, 2016

Cara Swap Memory External Menjadi Internal Xiaomi Redmi Note 3G WCDMA

Kabar gembira untuk para pengguna Xiaomi Redmi Note karena disini saya akan mencoba membahas suatu cara untuk mengubah memori eksternal menjadi internal atau bisa disebut dengan proses swap memory pada smartphone Xiaomi Redmi Note, seperti yang kita ketahui bahwa memori internal yang tersisa / free di Xiaomi Redmi Note hanya berkisar 5,9 GB saja, jadi masih termasuk kecil untuk sebagai ruang penyimpanan data yang cukup besar, misalnya game HD yang memang memerlukan ukuran memori lebih banyak, karena size game HD selalu berkisar 500 MB sampai 1 GB keatas.

Sedangkan jika penyimpanan internal yang hanya berkisar 5 GB tidak akan cukup untuk melakukan penyimpanan game-game HD di Xiaomi Redmi Note, nah jadi proses swap memory lah yang bisa kamu jadikan jalan alernatif lain untuk memperluas memori internal dengan memanfaatkan memori eksternal / Micro SD, pilihlah memori external dengan ukuran 16 GB ke-atas dan usahakan untuk membeli kartu minimal memori external class 10, jadi tidak akan membuat lemot nantinya, karena mempengaruhi kecepatan transfer rate.

Selain itu yang diperlukan lainnya sebelum lanjut pada tahap peroses swap memory, hal wajib yang perlu kamu lakukan yaitu root xiaomi redmi note dan sudah terpasang TWRP custom recovery, yang nantinya digunakan sebagai peran utama untuk menjalankan proses swap memory eksternal / microSD ke internal / memori telepon, jadi sebelum lanjut pada tahap selanjutnya, sebaiknya persiapkan dulu root dan custom recovery untuk xiaomi redmi note yang digunakan.

Baca Juga : Cara Mudah Root Xiaomi Redmi Note Tanpa PC

Cara Swap Memory Eksternal Menjadi Internal di Xiaomi Redmi Note

Cara Swap Memory External Menjadi Internal Xiaomi Redmi Note 3G WCDMA

Tested : Xiaomi Redmi Note 3G WCDMA [ROM MIUI v37] lancar jaya dan untuk ROM lainnya belum dicoba, Do With Your Own Risk (DWYOR).

  1. Pertama, download WSM Tool dan Module Xiaomi Redmi Note (Download).
  2. Lalu simpan hasil download tadi di luar folder pada SD Card.
  3. Lalu masuk ke "Recovery mode" dengan cara pilih "Tools - Updater - Reboot to Recovery".
  4. Setelah masuk ke recovery, pilih "Install - Storage - lalu pilih file MOD_WSM_RedmiNote_20140721_signed.zip" yang sudah kamu simpan di SD Card pada tahap sebelumnya, tunggu proses install hingga selesai.
  5. Jika proses instalasi sudah selesai, sekarang lakukan "Wipe cache/dalvik - Swipe to Confirm Flash - Back - Reboot to system", dan tunggu proses reboot hingga selesai.
  6. Setelah proses reboot selesai, pastikan "WSM Tools" sudah terpasang bersama modulnya "Mi-Tools" dan "XExtStorage".
  7. Sekarang masuk ke "WSM Tools" pilih "Install - OK" lalu jika muncul pop up peringatan "Important Warning", tekan pada tanda centang kemudian pilih Next - Next - Next saja, sampai ada pemberitahuan untuk reboot lalu pilih "OK" saja.
  8. Setelah ponsel hidup lagi, sekarang masuk lagi ke "WSM Tools - lalu aktifkan semua module termasuk "Mi-Tools, MiTheme, dan XExtStorage". Kemudian reboot lagi.
  9. Terakhir coba cek kapasitas memori internal Xiaomi Redmi Note kamu, dengan cara masuk ke "Settings - Storage", terus lihat pada bagian Phone Storage, jika berhasil maka memori internal Xiaomi Redmi Note kamu akan sesuai dengan ukuran memori eksternal kamu.

Begitulah cara swap memory eksternal ke internal di smartphone Xiaomi Redmi Note yang kamu gunakan, setidaknya dengan proses swap memory kamu lebih leluasa dalam pemasangan aplikasi yang mempunyai data penyimpanan yang cukup besar, serta dapat menyimpan berbagai macam file, saya sarankan untuk menggunakan microSD dengan ukuran 32 GB keatas agar memori internal lebih luas lagi nantinya dan siap untuk digunakan berbagai macam penyimpanan.

Artikel Terkait

Cara Swap Memory External Menjadi Internal Xiaomi Redmi Note 3G WCDMA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.