Tuesday, December 27, 2016

Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android 2x Lebih Cepat

Koneksi internet pada smartphone Android, bisa dikatakan nyawa karena smartphone Android ini memang memerlukan bantuan koneksi internet agar dapat berjalan dengan maksimal dan lebih optimal untuk para penggunanya, dengan adanya koneksi internet tentu saja si robot ijo Android akan bekerja lebih baik dan lebih berguna, dengan adanya koneksi internet kamu dapat memanfaatkan berbagai macam hal, seperti browsing, chatting, gaming, streaming, dan masih banyak hal lainnya.

Namun apakah kamu tahu selain tidak adanya koneksi internet, salah satu musuh lainnya yaitu adalah adanya koneksi internet namun koneksi internet yang didapatkan tidak maksimal atau sangat lambat, tentu saja akan sangat percuma bukan, seperti tidak ada bedanya, ya mending gak ada koneksi internet sama sekali dari pada harus lemot / lola (loading lama), iya kan? tapi ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mempercepat koneksi internet di Android, oke langsung simak saja yuk dibawah ini.

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone Android

Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android 2x Lebih Cepat

Akan tetapi jangan terlalu berharap besar internet yang dihasilkan akan begitu cepat saat digunakan berseluncur di internet, karena kenapa? suatu kecepatan internet yang dihasilkan juga dipengaruhi oleh jaringan providers itu sendiri dan perangkat keras / hardware, ya walaupun indonesia termasuk negara yang masuk peringkat negara dengan koneksi internet paling lambat didunia, tapi jangan dulu berkecil hati, karena gak lambat-lambat amat kok, masih masuk ke kategori "lumayan" dari pada "lumanyun".

1. Gunakan Aplikasi Tercepat Bukan Terbaik.

Hal yang perlu kamu sadari adalah seperti pemilihan aplikasi browser untuk digunakan berseluncur di internet di Android, ingat ya! yang kamu perlukan untuk membantu mempercepat koneksi internet adalah aplikasi browser tercepat!, bukan browser terbaik, belum tentu yang terbaik adalah yang tercepat, sebaliknya walaupun tidak termasuk yang terbaik namun sudah pasti yang tercepat dan juga ringan.

Untuk pemilihan aplikasi browser sendiri, saya akan mencoba menyarankan untuk menggunakan aplikasi browser Operamini, aplikasi browser operamini ini sudah terbukti sudah lama bahwa dapat mempercepat koneksi internet, karena mempunyai sistem kerja kompres untuk memperkecil ukuran data yang terkirim pada smartphone yang kamu gunakan, selain itu opermini juga termasuk aplikasi yang sangat ringan, jadi selain dapat mempercepat koneksi internet kamu, kamu juga dimanjakan dengan keringan browser yang tidak merugikan pemakaian RAM, selain itu dapat menghemat kuota lagi.

2. Matikan Data Latar Belakang dan Sinkronisasi Otomatis.

Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android 2x Lebih Cepat

Pada dasarnya smartphone Android ini mempunyai berbagai macam fitur yang dapat berkerja saling menghubungkan, seperti halnya aplikasi-aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang masih saja tersambung walaupun sudah ditutup aplikasinya, nah karena keterbatasan bandwith koneksi internet juga akan terbagi-bagi, untuk contoh oleh aplikasi yang masih berjalan dilatar belakang, misalnya Facebook, Twitter, Gmail, Line, Wechat, Whatsapp dan lain sebagainya.

Nah, dari sekian aplikasi yang saya sebutkan diatas, masing-masing berperan dengan bantuan koneksi internet, jadi jika semuanya kamu gunakan, maka jatah koneksi internet kamu akan dibagi-bagi lagi untuk menghidupi aplikasi social media contoh diatas, jadi sudah tahu dong hasilnya maka koneksi yang dihasilkan pun akan jadi lambat karena pembagian pada aplikasi yang masih berjalan di latar belakang, jadi membatasi data latar belakang termasuk di perlukan.

Caranya juga cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu masuk ke "Settings - Data Usage - Restrict Background Data" dengan melakukan pengaturan ini, secara otomatis aplikasi yang ditutup akan berhenti beroperasi walaupun koneksi internet dalam keadaan menyala, tidak hanya itu matikan juga fitur "Sync" yang tidak diperlukan dengan cara masuk ke "Settings - Account (Google) - Hilangkan tanda centang untuk sinkronisasi yang tidak diperlukan", sampai disini sudah bagus, sekarang lanjut lagi ketahap selanjutnya.

3. Gunakan jaringan 3G/4G atau WCDMA Only.

Ada beberapa macam jaringan yang terdapat di smartphone Android, dan beragam tingkatan kecepatan seperti GPRS, EDGE, 3G, dan 4G LTE, dalam segi kecepatan GPRS sendiri merupakan jaringan terlambat sedangkan yang menempati jaringan tercepat saat ini yaitu jaringan 4G LTE, namun di indonesia sendiri jaringan 4G LTE belum berkembang dengan baik, atau masih dalam tahap pengembangan, maka dari itu, pemilihan jaringan harus disesuaikan dengan dukungan jaringan juga.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunci pada satu jaringan saja, atau kamu hanya perlu berfokus pada satu jaringan saja, misalnya hanya menggunakan jaringan 3G untuk mengkases internet, terlebih 3G juga sudah termasuk cepat walaupun sekarang kalah oleh jaringan 4G LTE namun dibeberapa lokasi 3G masih berjaya karena mendukung secara luas di indonesia, nah cara menguncinya cukup mudah yaitu dengan cara masuk ke "Settings - More - Mobile Networks - 3G Service - Network Mode - 3G Only".

Atau bisa menggunakan cara ini, dengan memanfaatkan pengaturan pada "Dial" tekan *#*#4636#*#* - Phone Information - WCDMA Only, selesai deh jadi dengan menggunakan cara ini kamu hanya fokus dalam satu jaringan, jadi tidak secara otomatis berpindah-pindah, namun jika memang kamu tinggal di daerah yang masih minim jaringan internet, bisa menggunakan pengaturan seperti semula yaitu otomatis mencari jaringan disekitar, namun jika jaringan 3G bagus ya mending fokus pada jaringan 3G only saja.

Catatan : Banyak yang mempengaruhi koneksi internet lambat, bisa karena ISP (Internet Service Provider) atau karena ketidak tersediaan jaringan tercepat di wilayah tertentu, nah jadi kamu perlu bijak dalam pemilihan ISP yang baik di daerah kamu tersebut, agar koneksi internet yang dihasilkan akan lebih maksimal lagi saat dipergunakan.

Oke mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya semoga bermanfaat ya sobat AndroidTechnoria, jadi yang tadinya koneksi internet sangat lambat setelah menggunakan cara ini, mungkin akan ada sedikit kemajuan tidak seperti awal terdapat masalah koneksi yang sangat-sangat lambat, nah begitulah cara mempercapat koneksi internet di smartphone Android, sampai jumpa lagi diartikel yang selanjutnya, jangan lupa di share juga ya!.

Artikel Terkait

Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android 2x Lebih Cepat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 komentar

26 March, 2017 17:26 delete

Min untuk langkah ke 2 yaitu pada Mematikan Data Latar Belakang seperti Fb,Wa,G+ dan lain. apakah itu artinya kalau kita matikan data tersebut ketika ada notifikasi misal dari Facebook menjadi nonaktif.

Reply
avatar
27 March, 2017 18:57 delete

Iya gan, jadi aplikasi-aplikasi yang sudah dibatasi di latar belakang tidak akan aktif saat tidak digunakan, dalam kata lain aplikasi yang berada di background akan secara otomatis menjadi tidak aktif, jadi batasi seperlunya saja, jika dirasa sangat dibutuhkan aplikasinya, ya mending jangan karna akan mempengaruhi pemberitahuan / notifikasi.

Reply
avatar
28 March, 2017 08:57 delete

Thank Min, kalau boleh saya izin share.

Reply
avatar
31 March, 2017 23:36 delete

oke gan, terima kasih kembali

Reply
avatar

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.