Monday, July 25, 2016

Cara Root dan Pasang Custom Recovery Xiaomi Redmi Note 3

Smartphone gahar lainnya yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini yaitu smartphone Xiaomi Redmi Note 3, yang dimana merupakan smartphone besutan Xiaomi yang berasal dari negeri China, nah pada kesempatan kali ini yaitu pembahasan kita akan menonjol pada pembahasan root dan memasang custom recovery di smartphone Xiaomi Redmi Note 3 dengan spesifikasi RAM 3 GB - Internal 3 GB dan RAM 2 GB - Internal 16 GB.

Untuk root sendiri yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu yaitu harus atau perlu memasang custom recovery, dengan tersedia custom recovery tentu saja kamu sudah dapat melakukan root Android karena nantinya kita akan bermain dengan custom recovery, agar proses root bisa dilakukan, dan tidak lupa juga saya untuk mengingatkan bahwa cara ini perlu ketelitian jangan gegabah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, lalu kamu juga perlu mengenal istilah root lebih rinci supaya tahu untuk apa root itu sebenarnya.

Cara Root dan Pasang TWRP di XIaomi Redmi Note 3 Dengan Baik dan Benar

Cara Root dan Pasang Custom Recovery Xiaomi Redmi Note 3

Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, saya yakinkan dulu bahwa cara ini aman, tapi jika ada sesuatu masalah saya tidak akan bertanggung jawab, karena biasanya masih ada saja di tutorial langkah demi langkah yang menjanjikan namun ada beberapa komentar yang tidak mengenakan atau mengalami masalah, tapi tenang saja kok, masalah root tidak akan terlalu berbahaya, oke langsung yuk! berikut ini caranya.

Persyaratan :

  1. Aktifkan Opsi Pengembang (caranya masuk ke Settings > General Settings > About Phone > klik 7 kali pada MIUI Version).
  2. Perangkat Komputer atau Laptop.
  3. Memiliki baterai smartphone lebih dari 80% supaya aman.
  4. Minimal Fastboot Files
  5. Pasang USB Driver Xiaomi Redmi Note 3 (Universal ADB Drivers v2.0)
  6. File TWRP 2.8.7 (twrp.img)
  7. File (UPDATE-SuperSU-v2.46.zip)

Langkah-Langkah Pasang TWRP dan Root Xiaomi Redmi Note 3 :

  1. Pertama, download semua bahan diatas pada bagian persyaratan dan pastikan file yang kamu download tidak mengalami kerusakan / corrupt agar file tetap aman dan bisa digunakan dengan baik.
  2. Lalu Extract "Minimal Fastboot Files" di folder baru lebih disarankan dan memberinya nama agar nanti lebih mudah dalam proses pencarian tidak ribet dan terlihat lebih rapi.
  3. Jika proses extract sudah dilakukan, sekarang letakan file "TWRP 2.8.7 Redmi Note 3" dengan format (.img) ke dalam folder "Minimal Fastboot Files" yang sudah kamu ekstrak pada tahap sebelumnya.
  4. Sekarang, di Xiaomi Redmi Note 3 masuk Ke Settings > General Setting > Developer Options lalu beri tanda centang pada "USB Debugging".
  5. Jika sudah mengaktifkan USB Debugging, sekarang sambungkan perangkat Xiaomi Redmi Note 3 ke PC atau Laptop menggunakan kabel data via port USB, dan pastikan semua Driver sudah terpasang dengan baik di PC atau Laptop.
  6. Selanjutnya, buka folder "Minimal Fastboot Files" lalu jalankan "command.bat" lalu ketikan "adb devices" tanpa tanda kutip, lalu enter dan jika muncul nama device berarti perangkat Xiaomi Redmi Note 3 kamu sudah terdeteksi, jika masih belum berarti perangkat masih mempunyai masalah dengan ADB Driver.
  7. Sekarang ketikan kode "adb reboot bootloader" tanpa tanda kutip lalu tekan enter, untuk masuk ke bootloader Xiaomi Redmi Note 3.
  8. Lalu jika sudah masuk ke bootloader, selanjutnya adalah tahap memasang atau install Custom Recovery, caranya yaitu dengan mengetikkan kode "fastboot flash recovery twrp.img" enter dan tunggu proses hingga selesai.
Cara Root dan Pasang Custom Recovery Xiaomi Redmi Note 3
Contoh : Pengetikan di command.bat

Catatan : Dengan mengikuti langkah demi langkah diatas akan menuntun kamu kepemasangan Custom Recovery, maka selanjutnya yaitu ke tahap rooting untuk memberikan hak akses sepenuhnya ke Xiaomi Redmi Note 3.

Langkah-Langkah Root Xiaomi Redmi Note 3 :

  1. Salin file "UPDATE-SuperSU" yang sudah kamu download pada persyaratan ke folder di memori internal Xiaomi Redmi Note 3.
  2. Pada perangkat Xiaomi Redmi Note 3 masuk ke Settings > Updater > Menu > Reboot to Recovery Mode.
  3. Selanjutnya, klik "Install" dan cari lokasi file "UPDATE-SuperSU.zip" yang sudah kamu simpan di memori internal pada tahap sebelumnya, sukses dengan ini proses root sudah berhasil.

Begitulah cara memasang Custom Recovery dan Root Xiaomi Redmi Note 3 dengan baik dan benar, selain perangkat Redmi Note 3 kamu sudah mendapatkan akses root dan sekalian terpasang Custom Recovery TWRP jadi kamu sudah dapat melakukan moding jika memang mengerti, oke semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Cara Root dan Pasang Custom Recovery Xiaomi Redmi Note 3
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.