Monday, July 25, 2016

Cara Root dan Pasang Custom Recovery Xiaomi Redmi 2 Dengan Benar

Smartphone canggih lainnya asal negeri tiongkok yaitu Xiaomi Redmi 2 yang memang series Xiaomi ini banyak sekali diminati oleh para pecinta gadget baik itu luar dan dalam negeri, dengan tampilan yang menawan dan performa yang cukup kuat dibekalkan di smartphone ini, sehingga kamu akan lebih nyaman saat menggunakannya, untuk pilihan harga juga cukup terbilang terjangkau dan bisa dibilang besutan Xiaomi mempunyai harga minim namun spek sangat mencukupi.

Jika kamu salah satu pengguna smartphone Xiaomi Redmi 2 dan menginginkan akses root di perangkat ini, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat karena disini saya akan mencoba membagikan tutorial langkah demi langkah tentang cara root Xiaomi Redmi 2 dengan baik dan benar, namun sebelum itu kamu harus memahami dulu dengan apa istilah root pada Android karena tindakan ini dapat berdampak buruk jika kamu belum mengenal lebih jauh tentang apa itu root pada OS Android.

Cara Pasang CWM Recovery dan Root Xiaomi Redmi 2 Dengan Baik dan Benar

Cara Root dan Pasang Custom Recovery Xiaomi Redmi 2 Dengan Benar

Pastikan kamu mengikuti tutorial ini dengan benar pada setiap langkah demi langkah yang akan menuntun kamu dalam proses rooting Xiaomi Redmi 2, tutorial ini menurut saya sendiri merupakan langkah demi langkah yang aman, namun jika ada kerusakan pada perangkat kamu saat proses rooting ini dilakukan saya tidak akan bertanggung jawab melainkan DWYOR Do With Your Own Risk), jadi harap pertimbangkan sebelum melakukannya, oke berikut ini cara root Xiaomi Redmi 2.

Persyaratan :

  1. Perangkat Komputer atau Laptop
  2. Aktifkan Opsi Pengembang (caranya masuk ke Settings > About Phone > klik 5 kali pada MIUI Version)
  3. File CWM Recovery
  4. File MI Manager

Langkah-Langkah Root Xiaomi Redmi 2 via PC :

  1. Pertama, download terlebih dahulu kedua file diatas file "CWM Recovery" dan "MI Manager", dengan benar dan pastikan file aman tidak corrupt atau rusak.
  2. Setelah itu Extract file "CWM Recovery" (saya sarankan untuk membuat folder baru dan simpan serta extract file CWM Recovery disitu, agar terlihat rapi tidak tercampur dengan file lainnya yang ada di PC atau Laptop kamu).
  3. Lalu, setelah Extract dilakukan, kamu akan melihat folder "adb" buka folder tersebut dan salin file "UPDATE-SuperSU-v1.94.zip" ke internal memori Xiaomi Redmi 2 kamu.
  4. Sekarang, install "MI Manager" yang sudah kamu download pada tahap sebelumnya, dan pastikan "MI Manager" sudah terpasang dengan benar di PC atau Laptop.
  5. Setelah itu aktifkan "USB Debugging" dengan cara masuk ke Settings > Additional Settings > Developer Options > beri tanda centang pada bagian USB Debugging.
  6. Selanjutnya, matikan smartphone lalu masuk ke "Fastboot" dengan cara tekan dan tahan tombol "Power dan Volume Down" secara bersamaan sampai keluar tampilan robot.
  7. Sekarang, sambungkan smartphone ke PC atau Laptop menggunakan kabel data melalui port USB.
  8. Jika sudah tersambung, yang perlu kamu lakukan sekarang yaitu menjalankan "Redmi 2 cwm installer.bat" pada PC atau Laptop di folder file yang sudah kamu download pada tahap sebelumnya, ikuti perintah yang disarankan atau klik enter saja sampai smartphone Xiaomi Redmi 2 kamu masuk ke CWM Recovery.
  9. Setelah masuk ke CWM Recovery gunakan (volume up - volume down - tombol power, untuk mengarahkan), pilih install zip > choose zip from sdcard > lalu pilih file "update super su" yang sudah kamu salin ke internal memori pada tahap sebelumnya, jika sudah sekarang reboot saja smartphone kamu tersebut.
  10. Tunggu proses reboot hingga selesai, setelah itu silahkan kamu cek apakah ada aplikasi baru dengan nama SuperSU, jika iya bisa dipastikan tutorial root sudah berhasil atau sukses, selamat Xiaomi Redmi 2 kamu sudah berhasil di root.

Catatan : Dengan mengikuti langkah demi langkah diatas dengan benar, kamu sudah berhasil memasang CWM Recovery dan sekaligus membuka akses root di smartphone Xiaomi Redmi 2, untuk tutorial langkah demi langkah root Xiaomi Redmi 2 tanpa menggunakan PC atau Laptop kamu bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Cara Root Xiaomi Redmi 2 Tanpa PC :

Persyaratan :

  1. Sudah terpasang CWM Recovery / tersedia CWM Recovery
  2. File (UPDATE-SuperSU-v1.94.zip)

Langkah-Langkah Root Xiaomi Redmi 2 Tanpa PC :

  1. Pertama, download dulu file (UPDATE-SuperSU-v1.94.zip) diatas yang sudah saya sediakan pada bagian persyaratan.
  2. Jika file rootnya sudah tersedia atau sudah kamu download, sekarang matikan smartphone kamu dan masuk ke CWM Recovery
  3. Setelah masuk ke CWM recovery, pilih install zip > choose zip from sdcard > lalu pilih file yang sudah kamu download tadi yaitu file "UPDATE-SuperSU-v1.94.zip", lalu tunggu proses hingga selesai.
  4. Nah, jika sudah selesai langkah terakhir yaitu reboot smartphone kamu, dan cek apakah ada aplikasi baru dengan nama "SuperSU" jika ada berarti kamu sudah berhasil melakukan rooting Xiaomi Redmi 2 tanpa menggunakan PC atau Laptop sekalipun.

Begitulah cara root dan memasang CWM recovery di smartphone Xiaomi Redmi 2 dengan baik dan benar, pastikan kamu mengikuti langkah demi langkah diatas dengan benar karena saya tidak akan bertanggung jawab jika ada kerusakan terhadap perangkat karena proses root diatas, namun sekali lagi saya pastikan bahwa cara ini termasuk cara aman, hanya saja kamu perlu mengikutinya dengan benar dan teliti dan tidak gegabah, oke happy rooting dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Root dan Pasang Custom Recovery Xiaomi Redmi 2 Dengan Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.