Saturday, July 23, 2016

Bahaya! Kejahatan Typosquatting Yang Sudah Menelan Banyak Korban di Internet

Banyak sekali cara untuk mengakali kegiatan yang tidak baik dan tentu saja semua mempunyai beragam cara seperti halnya di dunia maya atau dengan kata lain adalah internet, yang merupakan sarana umum bagi semua orang bahkan di seluruh dunia, nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memperkenalkan suatu cara untuk menghindari tindak kejahatan yang memang cara ini terbilang cukup jitu dan sangat efektif untuk menjebak para pengguna internet.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat kamu mengenal dunia internet maupun gadget, kamu pasti akan mengenal yang namanya virus, malware, phising, ataupun tindakan kejahatan lainnya yang sudah tersebar di dunia internet, dan tidak lain dan tidak bukan tindak kejahatan tersebut di sebabkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sekaligus orang yang kelewatan pinternya, namun salah kaprah menggunakan akalnya tersebut.

Bahaya! Kejahatan Typosquatting Yang Sudah Menelan Banyak Korban di Internet

Bahaya! Kejahatan Typosquatting Yang Sudah Menelan Banyak Korban di Internet

Percaya atau tidak tindak kejahatan seperti ini 8 sampai 10 orang tidak mengetahui tindakan kejahatan yang manjur seperti ini, karena hal ini juga tentu saja banyak sekali korban yang terjatuh dalam jebakan tersebut, trik penipuan seperti ini dinamakan typosquatting yang disebabkan oleh keteledoran kita sendiri sebagai pengguna internet, untuk contoh kejadian yaitu salah mengetik kata kunci yang ditargetkan, nah karena kesalahan tersebut kamu akan mengalami kerugian bahkan sangat fatal.

Apa Itu Typosquatting?

Metode penipuan yang memanfaatkan keteledoran para pengguna internet atau bisa juga sama dengan metode phising, namun perbedaan dari metode kejahatan ini ialah dari sebuah website yang sengaja menyerupai daftar website ternama, bahkan dari semua tampilan terlihat persis sehingga susah untuk dibedakan, dan biasanya nama websitenya memiliki perbedaan sedikit dari website aslinya, misalnya "facebook.om" padahal aslinya "facebook.com" atau seperti ini "kilkbca.com" aslinya "klikbca.com".

Kesalahan pengetikan atau sering disebut dengan istilah typo sehingga teknik penipuan ini dinamakan typosquatting, jika dilihat dari contoh diatas memang sulit untuk dibedakan bukan? jika kamu seseorang yang asal ketik tanpa memperhatikan alamat yang kamu masukan di kolom pencarian browser pasti kamu akan terjebak oleh tindakan kejahatan seperti ini, bahayanya jika kamu sudah terjebak akun kamu akan lenyap begitu saja karena setelah kamu masuk ke webiste fake tersebut, sama saja kamu memberikan data-data akun kamu.

Sebenarnya cara haram ini sudah lama beredar di internet, bahkan banyak sekali yang sudah tercuri akun penting mereka oleh tindakan kejahatan seperti ini, bahkan website-website lokal ikut serta menjadi kembaran website berbahaya, seperti halnya website bank BCA yang dahulu pernah menelan banyak korban, atau sosial media terkenal seperti facebook, twitter, linkedin, youtube, kamu salah sedikit saja dalam pengetikan dan tak memperhatikan keaslian dari situs tersebut tentu saja tidak akan lama lagi kamu akan masuk kedalam daftar korban tindak kejahatan seperti ini.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

1. Selalu waspada dan memperhatikan pengetikan dengan seksama, bahkan kamu perlu mengeceknya sampai benar secara pasti bahwa yang kamu ketikan pada address bar browser tidak salah, cek ulang seperti halnya mengeja dan pastikan ketikan kamu tersebut tidak salah merupakan cara paling efektif untuk menghindari tindakan kejahatan yang mengandalkan typo atau salah pengetikan.

2. Menggunakan program antivirus bukanlah sebagai acuan untuk tetap aman dalam segala kegiatan di internet, tetap saja kamu harus berhati-hati dalam melakukan hal apapun, karena program antivirus di jaman sekarang ini sudah dilengkapi fitur anti-theft, anti-spy, anti-phising, yang dimana fitur tersebut berguna untuk memfilter berbagai ancaman berbahaya, terutama tindakan pencurian.

3. Bookmark halaman favorit yang sering kamu kunjungi lebih disarankan, karena selain mempercepat kegiatan kamu dalam mengunjungi situs-situs tersebut, kamu juga akan lebih aman dan terjaga terutama terhindar dari kesalahan pengetikan.

4. Jangan mudah tergiur kata-kata manis membosankan yang tersebar di internet, ini sekedar bonus saja terutama bagi kamu yang ingin terhindar dari kegiatan phising atau tindakan pencurian akun, contoh kata-kata haram yang sangat membosankan dan sering saya temui antara lain, mau gems coc gratis?, mau pulsa 100.000?, mau duit atau bla bla bla, dan biasanya kamu akan diajak mengunjungi situs atau website, lalu kamu disuruh ini itu, isi data diri segala macam dan akhirnya akun lenyap.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya jabarkan, semoga saja setelah kamu membaca artikel yang saya tulis dan saya bagikan diblog yang saya kelola ini bisa lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan apapun terutama di dunia internet, yang memang sampai sekarang ini semakin dibutuhkan perannya dari hari ke-hari bahkan segala macam hal dari mulai pekerjaan, bisnis dan lain-lain selalu dikaitkan dengan internet, oke semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Bahaya! Kejahatan Typosquatting Yang Sudah Menelan Banyak Korban di Internet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.