Friday, June 3, 2016

Tips Memilih MicroSD Berkualitas Untuk Smartphone Kamu

Smartphone keluaran terbaru mungkin sudah dibekali memori internal yang cukup besar untuk kamu pergunakan menyimpan berbagai file, dan tentu saja sudah di bekali slot microSD yang beguna untuk menambah kapasitas penyimpanan tersebut sehingga kesannya meringankan kapasitas dari memori bawaan.

Khususnya bagi kamu yang memang suka banget ngoleksi berbagai file di memori penyimpanan antara lain seperti video, photo, musik dan lain sebagainya, tentu saja dengan mengkoleksi file-file tersebut dalam jumlah banyak kamu juga memerlukan kapasitas memori yang lebih, nah makanya kamu membutuhkan yang namanya microSD.

Bisa juga di bilang memori external, memori tambahan untuk meyimpan file-file, gak mungkin banget kalo memori internal dipergunakan menyimpan file-file seperti yang saya sebutkan diatas, bisa sih, tapi terbataskan? apalagi memori internal jangan dibiarkan sesak kapasitasnya.

Tips Memilih MicroSD Berkualitas Untuk Smartphone Kamu


Tips Memilih MicroSD Berkualitas Untuk Smartphone Kamu

Walaupun kapasitas memori internal kamu cukup besar misalnya 16GB - 32GB tapi akan berdamapk buruk jika kamu pergunakan untuk menyimpan berbagai data di penyimpanan tersebut, maka dari itu kamu sangat memerlukan microSD, tapi apakah kamu tahu memori mana yang cocok untuk kamu gunakan di smartphone kamu?.

Perhatikan Jenis MicroSD (SDHC dan SDXC)

Sepintas kamu mungkin akan menganggap bahwa semua MicroSD itu sama saja, padahal ada perbedaan dalam jenis-jenis microSD antara lain seperti jenis SDXC (Secure Digital Extended Capacity) dan SDHC (Secure Digital High Capacity).

Lalu perbedaan keduanya ini sangat terlihat pada besar kapasitas maksimal yang didukung untuk SDXC sendiri kapasitasnya mendukung 32 GB sampai 2TB dan untuk jenis SDHC sendiri berkapasitas 2 GB sampai 32GB.

Sementara itu jika ternyata kamu menemukan kartu MicroSD yang berukuran 128 GB dengan jenis SDHC, sudah dipastikan bahwa microSD tersebut termasuk microSD palsu atau bajakan, jadi kamu harus tahu perbedaannya, untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat di Wikipedia.

Perhatikan Kapasitas MicroSD Dukungan Smartphone Kamu

Kamu misalnya mempunyai beberapa film series K-Drama atau Anime, biasa! film kesukaan anak remaja jaman sekarang, nah terus kamu kehabisan kapasitas memori internal kamu pada saat mengkoleksi film-film tersebut, terus kamu berfikiran untuk membeli microSD dengan kapasitas yang cukup besar misalnya 128 GB.

Dengan kapasitas tersebut kayaknya cukup buat nyimpen beberapa film series K-Drama sama Anime, tapi jika kamu tidak memperhatikan kapasitas maksimal yang di dukung oleh smartphone kamu, tentu saja hal ini dapat membuat kamu rugi karena jelas-jelas tidak dapat kamu gunakan.

Begini loh contoh kejadiannya, misalkan maksimal kapasitas yang didukung smartphone kamu hanya 32 GB terus kamu membeli memori yang berukuran 128 GB, terus apakah mungkin dapat kamu pergunakan di smartphone kamu yang hanya dapat menampung 32 GB saja? jawabannya 0 besar kan, jadi pilih yang cocok dengan kapasitas maksimal smartphone kamu.

Perhatikan Jenis Kecepatan MicroSD

Kecepatan jenis MicroSD juga perlu di pertimbangkan saat kamu hendak membeli microSD baru, karena jenis kecepatan microSD pada dasarnya berbeda-beda dan kecepatanlah yang menentukan seberapa cepat kemampuannya dalam membaca serta menuliskan data.

Karena semakin cepat kecepatan kartu memori yang kamu gunakan maka semakin cepat pula kartu memori tersebut dalam mengelola semua file yang ada di dalam kartu memori tersebut, jika kamu sangat aktif dalam mengakses multimedia sebaiknya pilih memori yang mempunyai kecepatan jenis UHS.

Jenis kecepatan UHS adalah kepanjangan dari "Ultra High Speed" yang dimana lebih baik dalam segi kecepatan jika dibandingkan dengan jenis "Class" ini perlu diperhatikan saat kamu hendak membeli microSD agar kesannya tidak mengecewakan.

Perhatikan Garansi MicroSD (Optional)

Untuk hal ini bersifat opsional, jadi terserah kamu pada saat membeli kartu memori atau microSD, tapi biasanya membeli kartu memori yang ada garansinya lebih dari aman, karena untuk menghindari kerugian jika sewaktu baru membeli microSD tersebut rusak, dan karena adanya garansi kamu bisa memperbaiknya tanpa biaya apapun.

Begitulah hal yang perlu kamu perhatikan saat kamu berencana membeli kartu memori atau microSD baru, jadi kamu dapat menghindari hal yang bersifat merugikan, dan dengan ini kamu mungkin sudah dapat membedakan microSD mana yang terlihat asli atau palsu sehingga terhindar dari penipuan.

Artikel Terkait

Tips Memilih MicroSD Berkualitas Untuk Smartphone Kamu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.