Friday, June 17, 2016

Penting! Ini 5 Modus Penipuan Yang Bisa Terjadi di Smartphone Android

Jaman sekarang mungkin sudah terlalu banyak perubahan, karena kebanyakan orang yang sering mengandalkan sebuah perangkat genggam jenis smartphone untuk kesehariaannya, dan karena itu pula banyaknya pilihan smartphone dari hari ke hari, dari berbagai vendor pengembang smartphone tersebut.

Tapi apakah kamu tahu semakin maraknya penggunaan smartphone semakin banyak juga kesempatan untuk tindak kejahatan, semisal penipuan yang sering sekali terjadi baik itu saat proses pembelian smartphone atau pada saat menggunakan smartphone tersebut, dan hal ini tidak dapat dipungkiri karena memang sudah banyak yang jadi korbannya.

Yang saya masudkan disini adalah tindakan penipuan misalnya, pada saat proses pembelian smartphone namun spesifikasi yang di berikan tidak sesuai maka sudah dipastikan smartphone tersebut salah satu perangkat bajakan, atau pada saat penggunaan smartphone tersebut, kamu menginstall aplikasi tapi aplikasi tersebut dapat mencuri data-data kamu, seperti itulah kejadian yang sering terjadi.

Penipuan Yang Sering Terjadi Karena Kelalaian Pengguna Smartphone.

Penting! Ini 5 Modus Penipuan Yang Bisa Terjadi di Smartphone Android

Setidaknya tindak penipuan dapat kamu hindari karena kewaspadaan kamu dalam suatu situasi, tapi lain lagi ceritanya jika kamu mendapati kelalaian pada saat si penipu sedang dalam keadaan terbaik atau melainkan mempunyai kesempatan yang dapat memberikan kamu kerugian, maka dari itu kamu perlu waspada agar terhindari dari tindak penipuan pada saat menggunakan smartphone.

1. Penipuan Melalui Situs atau Website.

Seringnya para pengguna smartphone Android yang mengalami kerugian hanya karena kelalaian mereka sendiri, seperti halnya pada saat berseluncur di internet kita mendapati sebuah situs namun situs tersebut merupakan situs khusus untuk tindakan penipuan, atau yang lebih dikenal dengan situs atau website phishing.

Seperti halnya pada saat kamu menginginkan kecurangan pada suatu game, semisal Clash of Clans, tapi malah sebaliknya yang tadinya kamu mengharapkan banjir gems tapi yang kamu dapatkan adalah kerugian besar karena akun kamu akan lenyap seketika, jelas saja terlihat bahwa diawal kamu diminta beberapa data pribadi kamu.

Namun untuk menghindari nya sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan yaitu kewaspadaan dan berhati-hati dalam setiap tindakan, dan saran saya yang paling penting dan manjur jangan pernah tergiur dengan istilah cepat kaya di internet, karena semua itu adalah kebohongan, seperti halnya kaya di game, karena hal tersebut, berhati-hatilah dalam tindakan mencurigakan yang tersebar luas di dunia maya.

2. Penipuan Melalui Pesan Email.

Salah satu tindak penipuan yang dapat kamu alami jika kamu tidak berhati-hati, biasanya untuk para pengguna smartphone akan sering sekali menggunakan fasilitas email untuk keperluan, tapi ada suatu hal yang seharusnya kamu hindari dan ini berhubungan dengan fasilitas email yang sering kamu gunakan dikeseharian.

Bisa dipastikan ini masih sejenis dengan penipuan di situs atau website, karena disini para pelaku hanya memainkan beberapa trick untuk menggoda melalui pesan email, dengan mengiming-imingi hal yang menggiurkan dan bahayanya jika anda berhasil terpikat, kamu akan mendapati kerugian karena akan kehilangan data bahkan keuangan.

Sebenarnya sangat mudah sekali untuk menghindarinya, karena disini hanya mengandalakan kesadaran kita saja dalam melakukan hal apapun, maka dari itu berhati-hatilah dalam melakukan tindakan apapun dan hindari tindakan mencurigakan dari sumber tidak dikenal baik itu melalui pesan email atau lain sebagainya.

3. Penipuan Melalui Aplikasi di Smartphone Android.

Mungkin sebagian pengguna smartphone Android bahkan kebanyakan pengguna smartphone Android sering lalai pada bagian ini, karena seringnya memasang aplikasi tanpa pemikiran atau melihat konsekuensinya terlebih dahulu, nah jika kamu tidak memperhatikan sumber dari aplikasi tersebut, bisa-bisa saja data akun kamu hilang bahkan smartphone rusak.

Biasanya ini dikarenakan aplikasi tersebut memang sengaja dirancang untuk tindak penipuan, dan biasanya para pelaku menyisipkan suata data virus dan lain sebagainya yang dapat mengakibatkan kamu sebagai pengguna mengalami kerugian, tidak hanya mengalami kehilangan data bahkan smartphone kamu bisa-bisa rusak karena tersisipkan virus berbahaya.

Untuk menghindarinya tindak penipuan karena aplikasi didalam smartphone tersebut, kamu hanya perlu memperhatikan pemasangan aplikasi dan sumber unduhan aplikasi tersebut, jangan pernah memasang aplikasi yang bukan dari sumber terpercaya dan pilihlah sarana pemasangan atau download dari sumber yang sudah terpercaya yang saya maksudkan yaitu Google Playstore.

4. Penipuan Melalui Media Sosial, Pesan Singkat dan Telepon.

Sebagai pengguna ponsel cerdas bin pintar, kamu perlu kewaspadaan extra untuk melindunginya dari tindak kejahatan apapun, dan hal ini karena seringnya tindakan penipuan, baik itu di media sosial internet bahkan melalui pesan singkat SMS bahkan dari telepon.

Biasanya mereka hanya memerlukan pesan mesra yang begitu meggoda para korban untuk dapat percaya pada tindakan mereka (sang pelaku), jika kamu sampai terhasut dengan rayuan gombal para penipu tersebut, biasanya kamu siap-siap mengalami stress yang mendalam karena kehilangan barang-barang berharga, ya walaupun karena smartphone.

Dan semua itu dapat mudah kamu hindari, hanya saja perlu kewaspadaan dalam memastikan suatu pesan atau panggilan dari sumber-sumber yang tidak dikenal, dan biasanya mengiming-imingi suatu tindakan yang memikat padahal hal tersebut berupa tindakan penipuan, maka dari itu kamu hanya perlu mnghindarinya atau abaikan saja.

5. Penipuan Melalui Jasa Service di Konter HP.

Jangan mudah percaya dengan para teknisi abal-abal yang memang memiliki tindakan kurang baik berupa tindak kejahatan penipuan, kenapa hal ini perlu kamu waspadai juga? karena memang sering sekali atau tindakan ini masih sering terjadi bahkan dari dulu tindakan ini memang berupa tindakan yang paling mengesankan dalam tindakan penipuan trik tukang service.

Biasanya yang dilakukan para teknisi gadungan, hanya berupa penukaran perangkat bagian dalam misalnya pada smartphone, tidak dapat dipungkiri bahwa saya sendiri pernah menjadi sasaran para teknisi gadungan yang memanfatkan kesempatan tersebut untuk menukar produk baik dan buruk termasuk bagi smartphone kamu, dan memang banyak sekali orang-orang yang mengandalkan jasa service pada saat mengalami kerusakan pada smartphone.

Tapi berhati-hatilah, karena jika kamu tidak mewaspadai hal ini, bisa-bisa saja kamu terkena tindakan penipuan, untuk menghindarinya sebaiknya saat hendak melakukan service pilihlah konter yang memang sudah terpercaya di berbagai sumber, dan sebaiknya tunggu saja jika kerusakannya termasuk ringan, minta saja untuk perbaiki hari ini, dan lihat secar detail si teknisi, biasanya cara ini manjur dan jangan lupa cek sesudah service selesai.

Nah kira-kira seperti itu yang dapat kamu alami saat menggunakan smartphone, ini berlaku untuk segala jenis smartphone baik itu iOS, Android, Windows Phone, Blackberry dan lain sebagainya, maka dari itu modal utama yang perlu anda miliki hanyalah kewaspadaan dan behati-hati dalam tindakan apapun, mungkin hanya itu saja yang dapat saya jabarkan selebihnya, semoga bermanfaat ya sobat AndroidTechnoria.

Artikel Terkait

Penting! Ini 5 Modus Penipuan Yang Bisa Terjadi di Smartphone Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.