Sunday, June 19, 2016

Penting! Hindari 5 Hal Ini Saat Menggunakan Smartphone Android

Smartphone Android merupakan salah satu jenis ponsel pintar yang dari kehari perannya semakin dibutuhkan, bahkan bisa dibilang dapat membantu keseharian aktifitas manusia, pada dasarnya perangkat ponsel genggam hanya kamu pergunakan untuk SMS dan Telepon saja, karena hadirnya smartphone super canggih seperti smartphone Android segala sesuatu pun menjadi berbeda dan lebih mudah.

Kamu mungkin sudah mengetahuinya dengan betul bahwa dengan bermodalkan smartphone Android kamu dapat melakukan kegiatan apapun, tentu saja yang memang memungkinkan untuk kamu lakukan, antara lain seperti chatting, gaming, browsing, streaming, downloading dan lain sebagainya, diantar hal tersebut yang saya sebutkan masih banyak lagi kegunaan lainnya, termasuk kebutuhan bisnis.

Tapi apakah kamu tahu, bahwa smartphone Android juga memerlukan tata cara penggunaan yang baik dan benar agar awet, secara tidak langsung kamu perlu merawatnya agar lebih awet dan tahan lama selama kamu pergunakan dari tahun ke tahun, bukan hanya membersihkan bagian fisik higga mengekilap hanya saja dari penggunaan pun dapat mempengaruhinya, pensaran apa saja yang perlu kamu hindari untuk merawat smartphone kamu? oke simak saja coretan dibawah ini.

Penting! Hindari 5 Hal Ini Saat Menggunakan Smartphone Android

Penting! Hindari 5 Hal Ini Saat Menggunakan Smartphone Android height=

Membersihkan dengan cara melap menggosok sampai terlihat kinclong tidak hanya perawatan yang dapat memberikan efek awet dan tahan lama, melainkan bagian sisi hal tersebut hanya bagian terkecilnya saja, untuk hal itu maka kamu perlu menghindari tindakan-tindakan yang dibawah ini, agar smartphone kamu mempunyai performa selalu terlihat baik dari hari kehari sampai tahun ketahun.

1. Hindari Pemberhentian Aplikasi Secara Paksa (Force Stop).

Sebaiknya jangan terlalu sering menghentikan aplikasi secara paksa, karena hal ini juga dapat berdampak pada kinerja smartphone kamu yang semakin lama dapat menurun karena hal tersebut jika sering kamu pergunakan, maka dari itu jangan pergunakan terlalu sering kegiatan ini baik itu secara otomatis atau manual.

Apalagi dengan menggunakan cara otomatis dengan bantuan aplikasi task killer atau task manager, yang secara instant dapat menghentikan aplikasi yang berjalan secara serentak, tapi lama kelamaan menggunakan aplikasi tersebut dapat berdampak buruk untuk smartphone kamu, jadi hindarilah fitur force stop teralu sering.

2. Hindari Penggunaan Aplikasi Antivirus Berlebihan.

Jangan kamu biasakan kegiatan yang satu ini, karena tentu saja ini akan berakibat fatal terhadap smartphone kamu, ini merupakan salah satu tindakan over protecting jadi kesannya kamu sangat berlebih untuk merawat smartphone kamu, tapi dampaknya sangat buruk untuk smartphone kamu tersebut.

Pasalnya aplikasi antivirus merupakan aplikasi untuk melindungi kamu dari serangan virus, dan tentu saja akan bekerja secara terus menerus untuk melindungi smartphone kamu dari ancaman virus, tapi jika kamu mengandalkan 2 aplikasi antivitus maka kamu mempunyai kesamaan proses dan secara tidak langsung antivirus akan bekerja memperberat kinerja sistem.

Memang awalnya tidak terjadi hal apapun tapi lama kelamaan hal tersebut tidak akan baik untuk smartphone kamu, karena mempengaruhi kinerja sistem apalagi penggunaan ram aplikasi antivirus itu tidak lah sedikit, jadi jika kamu memiliki dua aplikasi antivirus dan dijalankan secara terus menerus bersamaan hasilnya mungkin di lain waktu membuat smartphone kamu tidak lagi awet.

3. Hindari Kegiatan Download Dari Sumber Tidak Dikenal.

Pengunduhan aplikasi dari sumber tidak dikenal tentu dapat berdampak buruk terhadap smartphone kamu, selain dapat terjangkit ancaman virus hal itu juga dapat merusak kinerja smartphone lebih parahnya dapat menyebabkan kehilangan data-data penting karena tindakan orang tidak bertanggung jawab.

Hal ini juga berlaku untuk pengunduhan aplikasi berformat .apk jika kamu sering menggunakan sarana pihak ketiga untuk mengunduh aplikasi, maka kamu harus memperhatikan hal ini karena biasanya aplikasi-aplikasi berasal dari sumber tidak dikenal sering di modifikasi dan di manipulasi sedimikian rupa dan disisipkan file berbahaya dan memberikan efek ke smartphone yang kamu gunakan.

4. Hindari Reboot atau Restart Terlalu Sering.

Jangan terlalu sering mereboot atau merestart smartphone kamu, biasanya ada salah satu kebiasaan dari para pengguna smartphone yang selalu saja memanfaatkan reboot agar kinerja lebih baik, sampai-sampai sehari sampai terdapat 2-3 kali restart, dan tentu saja hal ini akan berdampak pada kekokohan smartphone kamu tersebut, jadi alangkah baiknya kamu merestart satu minggu 1 atau 2 kali saja, itu sudah lebih baik untuk kebaikan smartphone.

5. Update Software Saat Tersedia.

Smartphone Android melengkapi fitur update software atau perangkat lunak, jadi dengan adanya update software kamu memiliki pembaharuan secara langsung jika memang tersedia update, jika memang tersedia biasanya kamu dapat diminta untuk mengunduh file tambahan yang sudah disarankan, jadi sebaiknya kamu segera lakukan update jika memang tersedia.

Begitulah penggunaan yang dapat kamu hindari dan dapat kamu lakukan untuk memperawet smartphone kesayangan setidaknya dengan penggunaan smartphone Android secara normal dapat mencegah kerusakan yang tidak disengaja dan tentu saja dapat memperpanjang umur smartphone, jadi intinya bukan hanya fisik yang perlu kamu rawat dari penggunaan pun perlu kamu pertimbangkan.

Artikel Terkait

Penting! Hindari 5 Hal Ini Saat Menggunakan Smartphone Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.