Minggu, 26 Juni 2016

Cara Uninstall Aplikasi Android Dengan Baik dan Benar Sampai Bersih

Smartphone Android itu sudah seperti perangkat komputer yang sudah terlanjur pintar, bahkan dari hari kehari smartphone Android selalu saja menghadirkan sesuatu yang kesannya bermanfaat untuk para pengguna, memang benar smartphone Android ini selalu menghadirkan sesuatu kemewahan dan banyaknya aplikasi yang dapat ditanamkan yang sudah disediakan didalamnya, yang dapat kamu unduh secara praktis di Google Playstore.

Tapi sebenarnya dalam penggunaan smartphone Android ini ada banyak peraturan yang bisa kamu tanamkan sendiri dengan tujuan untuk membuat ponsel pintar yang satu ini selalu dalam performa terbaiknya, dari penggunaan saja sangat mempengaruhi pasalnya OS Android ini berbasis opensource yang dimana para pengguna dapat memodifikasi atau mengutak-atik kedalam system Android tentu saja penggunaan kamu juga mempengaruhinya.

Selain itu banyaknya cara perawatan dan kegiatan yang dapat membantu smartphone Android kesayangan kamu untuk tetap dalam performa terbaiknya, termasuk hal yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini, proses uninstall atau proses penghapusan aplikasi di Android merupakan hal yang dimana kamu ingin menghilangkan atau mencopot aplikasi tersebut dari smartphone kamu.

Sebenarnya caranya cukup mudah kamu hanya perlu mencopotnya dengan fitur yang sudah di sediakan di pengaturan, tapi apakah kamu tahu bahwa ada tata cara penghapusan aplikasi yang benar, seperti yang kita ketahui bahwa di Android ini aplikasi yang mempunyai file tambahan yang tersimpan di SD Card tidak akan ikut terhapus jika kamu hanya melakukan uninstall, nah penasaran caranya seperti apa? oke simak saja berikut ini.

Cara Uninstall Aplikasi Android Dengan Baik dan Benar Sampai Bersih.

Cara Uninstall Aplikasi Android Dengan Baik dan Benar Sampai Bersih

Setidaknya dengan menghapus aplikasi dengan tata cara yang benar smartphone Android kamu akan lebih mantap dan kapasitas penyimpanan / SD Card tidak terisi dengan file-file tidak berguna, maka dari itu kamu perlu memperhatikan akan hal ini, karena ini merupakan salah satu kegiatan perawatan kecil yang berguna untuk menjaga performa smartphone Android kesayangan kamu dalam performa terbaiknya, oke langsung saja yuk simak caranya berikut ini.

Clear Data / Clear Cache.

Setiap kali kamu akan menghapus aplikasi atau proses uninstall sebaiknya kamu dahulukan menghapus cache maupun data aplikasi tersebut yang dimana memang masih tersimpan jika kamu hanya langsung menghapus/uninstall aplikasinya saja, perlu di perhatikan akan hal ini karena jika kamu terlalu sering menghapus aplikasi dari berbagai macam aplikasi yang berbeda, terutama aplikasi yang banyak menyimpan data, tentu saja kapasitas penyimpanan external/internal akan menjadi sesak karena data-data yang tidak berguna.

Pantau SD Card.

Setelah proses uninstall kamu lakukan dengan melakukan clear data dan clear cache terlebih dahulu, tapi kamu jangan lengah walaupun hal tersebut sudah kamu lakukan, nah yang perlu kamu lakukan sekarang yaitu memantau SD Card kamu, coba cek apakah ada file maupun folder yang tidak digunakan oleh aplikasi manapun? jika iya sebaiknya kamu hapus saja karena data tersebut merupakan data yang sudah tidak berguna lagi, tapi akan lebih leluasa jika smartphone kamu dalam keadaan root, karena kamu dapat menghapus data tidak berguna di area system.

Tips Untuk Root User.

Jika kamu salah satu pengguna OS Android yang sudah dalam keadaan root, sebaiknya kamu pergunakan aplikasi SD Maid yang dimana berguna untuk membantu kamu dalam mengetahui data mana saja yang sudah tidak berguna lagi, atau sering disebut dengan data "Corpse" aplikasi ini akan membantu kamu dalam membantu pembersihan, jadi jika kamu salah satu root user wajib coba deh aplikasi SD Maid ini, ngomong-ngomong ini aplikasi favorit saya loh, ya ini cuman rekomendasi saja sih, siapa tahu dapat membantu kamu juga, hehe.

Nah, bagaimana masih mau uninstall aplikasi langsung tanpa memperhatikan data corpse yang masih tersimpan? sebaiknya tips ini perlu kamu pertimbangkan selain dapat membantu performa smarphone kamu selalu terjaga hal ini juga dapat membantu SD Card kamu dari file-file sampah yang memang tidak terhubung dengan aplikasi manapun yang tersimpan di smartphone Android kamu, oke mungkin hanya itu saja yang dapat saya jabarkan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: