Kamis, 09 Juni 2016

Cara Menggunakan Cheat Game PS1 di Android ePSXe dan FPSe

Game atau dalam bahasa kita merupakan istilah kata permainan, merupakan salah satu aktifitas atau kegiatan yang menyudut ke satu sisi ya itu sebagai penghibur atau hiburan semata, biasanya para gamers sendiri cenderung lebih suka menghabiskan waktu dengan game hingga berlama-lama.

Game atau permainan yang saya maksudkan disini yaitu jenis permainan digital atau terdapat pada perangkat elektronik saja, antara lain seperti perangkat genggam jenis smartphone, perangkat video game console, video game console portable, game di perangkat komputer atau pc dan lain sebagainya dengan hal terkait.

Jika kita perhatikan di era globalisasi ini malah seakan-akan seperti kehausan akan dunia game, karena kenapa? jelas saja banyak sekali sekarang perangkat pendukung untuk dapat memainkan game, jika kita bandingkan dengan 7 tahun silam malah (gamers) masih mengandalkan Playstation (PS1 dan PS2) di masa itu.

Bahkan jika kita melihat ke tahun-tahun belakang bahwa kita hanya mengenal perangkat video game console yang memiliki grafik sangat membosankan jika dibandingkan dengan jaman sekarang, tapi tetap saja perangkat video game console tersebut misalkan sekelas Nintendo, Sega, bahkan Playstation1 ini sangat merajai dimasanya dan begitu populer.

Jujur saja saya juga selaku pecinta game dan saya begitu memperhatikan perkembangan-perkembangan di dunia hiburan (Games) jika kita perhatikan, kita ini seakan-akan di permudah dan semakin leluasa dalam memainkannya, seperti hal nya memainkan game dalam perangkat genggam jenis ponsel pintar berbasis Android.

Nah, selain dapat mempermudah kita dalam memainkan permainan-permainan yang serunya tiada tara, kita juga dapat memainkan game-game ala perangkat video game console jaman dulu dengan hanya bermodalkan smartphone berbasis Android, antara lain seperti memainkan game Nintendo, Playstation, bahkan Sega.

Tapi disini saya tidak hanya akan membahas tentang sekila video game console saja, melainkan disini kita akan membahas tentang isitlah kata "Cheat" jika dalam dunia game istilah kata ini merupakan istilah kata untuk player yang memainkan game dengan cara curang atau tidak adil lain dengan normalnya.

Kamu pasti tahukan cheat didunia game? yang akan saya bahas kali ini yaitu cheat dalam permainan game console yang dapat kamu mainkan di smartphone Android, yang dimana kamu membutuhkan sebuah emulator agar dapat menjalankan game tersebut, tapi apakah kamu tahu untuk melakukan cheat dalam permainan game console yang di mainkan di smartphone Android?.

Cara Menggunakan Cheat Game PS1 di Android Emulator ePSXe dan FPSe

Cara Menggunakan Cheat Game PS1 di Android ePSXe dan FPSe

Ada 2 cara yang dapat kamu gunakan untuk menggunakan cheat di emulator ePSXe dan juga FPSe, antara lain dengan bantuan gameshark dan dengan mengandalkan fitur cheat yang sudah disediakan oleh pengembang aplikasi emulator PS1 tersebut, penasaran gak? lanjut simak kalo gitu.

Oke langsung saja tanpa panjang lebar lagi, berikut ini Cara Cheat Game PS1 di Android Menggunakan GameShark dan Emulator (ePSXe dan FPse), perhatikan baik-baik :

Cara Pertama :

  1. Pertama, download dulu file GameShark5.bin dan simpan di SDcard, terserah kamu mau menyimpannya dimana, tapi lebih disarankan untuk menyimpannya di folder baru, misalkan kamu membuat folder baru dengan nama "GameShark5" agar nantinya dapat mempermudah kamu dalam proses pencarian.
  2. Sekarang, jalankan aplikasi emulator ePSXe atau FPSe sesuai emulator yang kamu gunakan untuk memainkan game PS1 di smartphone Android, tapi disini saya akan memberikan contoh penggunaan untuk pengguna ePSXe, jadi untuk pengguna emulator FPSe tinggal sesuaikan saja ya, pada dasarnya sama saja, hanya berbeda pada menu dan tampilan.
  3. Setelah itu pilih "Run Game" lalu pilih "Browse Files" dan cari file "GameShark5.bin" yang sudah kamu download pada tahap selanjutnya.
  4. Jika ada pemberitahuan "NO SAVE FOUND" pilih saja "NO" lalu pilih "SELECT CHEAT", dan nantinya kamu akan diarakan ke halaman pemilihan cheat yang dimana nanti kamu akan melihat daftar judul-judul game playstation1 di halaman tersebut.
  5. Sekarang kamu pilih judul game yang akan kamu cheat tersebut, dengan cara klik tombol (x) dilayar Android kamu, sehingga berubah warnanya menjadi warna kuning, setelah itu tekan tombol "Start" lalu pilih lagi "START GAME".
  6. Setelah itu akan ada pemberitahuan "Insert Game disc And press the OK button" stop! jangan dulu di klik tombol OK nya, kamu perlu memasukan file disc gamenya terlebih dahulu, dengan cara menekan tombol menu dan nanti akan ada beberapa menu, sekarang pilih "Change Disc" dan nanti kamu akan melihat beberapa daftar game yang sudah kamu simpan sebelumnya.
  7. Lalu pilih nama gamenya sesuai dengan nama judul game yang sudah kamu cheat pada tahap sebelumnya, lalu tekan OK pada notifikasi insert game disc, selesai kamu sudah berhasil melakukan kecurangan, selamat bersenang-senang.

Catatan : Cara diatas merupakan cara dasar untuk menjalankan gameshark pada emulator PS1 di smartphone Android, cara penggunaanya juga tidak jauh beda dengan penggunaan gameshark di perangkat video game console Playstation1, jadi kamu gak perlu bingung lagi, tapi jika kamu gagal paham sebaiknya jangan ragu-ragu untuk bertanya di kolom komentar yang telah disediakan di blog ini.

Cara Kedua :

  1. Pertama, hidupkan paket data atau data internet di smartphone Android kamu.
  2. Setelah itu jalankan emulator ePSXe atau FPSe, dan jalankan game yang akan kamu cheat.
  3. Setelah masuk ke gamenya, sekarang kamu tekan tombol menu yang berada pada bagian permukaan bawah layar di smartphone kamu, lalu pilih "Cheat Codes".
  4. Jika ada pemberitahuan untuk download, pilih OK saja untuk mendownload cheatnya, dan nanti kamu akan melihat daftar atau list cheat dari game tersebut.
  5. Sekarang tinggal kamu aktifkan cheatnya, dengan cara memberi tanda centang pada bagian daftar cheat tersebut sesuai dengan keinginan kamu.
  6. Selesai, kamu dapat dengan mudah menggunakan cheat pada game tersebut dengan menggunakan cara yang satu, selamat bersenang-senang sob.

Nah, sobat AndroidTechnoria mudah bukan cara menggunkan cheat game PS1 di emulator smartphone Android, saya harap begitu ya, toh jika kamu berpengalaman menjalankan gameshark di PS1 tentu saja kamu akan mengerti karena tidak terlalu jauh perbedaan penggunaannya, oke semoga bermanfaat ya.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalo di oppo f1 plus tombol buat ngaktifin cheat code nya gimana yah?

xxx mengatakan...

Bang kok saya tidak bisa change disc ya??

Unknown mengatakan...

Gan pilihan menunya gak ada waktu masuk ke pilihan change disc. Ak pakai emulator ePSXe di lenovo P1. Mohon pencerahan