Sunday, June 12, 2016

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Lebih Stabil dan Cepat

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang cara mempercepat koneksi internet di smartphone Android, mungkin untuk hal ini sudah jarang sekali diperhatikan secara sekarang ini sudah banyak vendor yang menyediakan smartphone dengan OS Android dengan spesifikasi yang menggugah, dengan jaringan 4G LTE yang sangat mumpuni dan membuat nyaman dalam mengandalkan jaringan internet di Android.

Tapi mungkin diantara kamu juga, masih ada saja yang betah untuk menggunakan smartphone lama dengan alasan memang sudah sayang dan terbiasa dengan smartphone tersebut, atau memang alasan lainnya, seperti nunggu harga hp spek gahar turun drastis di pasaran? ya mungkin saja kan, lagian yang namanya teknologi ini tidak ada habisnya, sekarang booming ini besok booming itu, tergoda ya ganti tapi sesudah ganti ada lagi teknologi yang bikin ngiler.

Seperti itulah dunia teknologi terutama dalam penggunaan smartphone Android, ada yang menyediakan spesifikasi yang sangat memuaskan terutama dalam segi performa dan jaringan internet sudah mengusung teknologi teranyar 4G LTE yang memang mempunyai kecepatan yang sangat bisa diandalkan, untuk pengguna smartphone tersebut sepertinya dilewat saja artikel ini, karena disini saya akan mencoba membagikan beberapa tips untuk mempercepat internet di smartphone Android.

Jika jaringan internet yang kamu gunakan terasa lemot pada saat berseluncur di perangkat genggam berbasis Android, sepertinya sangat cocok sekali untuk mencoba beberapa tips sakti yang akan saya jabarkan dibawah ini, sebelum itu kamu harus tahu akan hal guna internet di smartphone Android merupakan salah satu peran yang sangat penting, ada juga yang bilang bahwa Android tanpa internet bagaikan sayur tanpa garam.

Sepertinya istilah kata tersebut sangat cocok sekali, karena memang Android jika tanpa koneksi internet tentu sangat membosankan, segala sesuatu perlu akses internet antara lain seperti melakukan kegiatan Chatting, Browsing, Gaming, Streaming dan lain sebagainya, nah semua itu pastinya kita tahu bahwa kita membutuhkan yang namanya internet agar kegiatan tersebut dapat dilakukan.

Tapi kamu juga perlu memperhatikan jaringan yang mendukung smartphone kamu tersebut, tentu saja karena jaringan tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan batas kecepatan, seperti halnya jaringan Edge yang tersedia di Android, jaringan edge tersebut setara dengan jaringan GPRS yang terdapat di perangkat seluler OS Java, maka dari itu jaringannya sangat tidak bisa diandalkan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Lebih Stabil dan Cepat

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Lebih Stabil dan Cepat

Jika kamu salah satu pengguna smartphone Android dengan jaringan yang mendukung HSDPA/3G tapi kecepatan sambungan internet sangat lambat, coba deh tips-tips untuk mempercepat koneksi internet yang saya jabarkan dibawah ini, dan mudah-mudahan sangat efektif untuk mengoptimalkan jaringan internet Android yang kamu gunakan.

Kontrol Latar Belakang (Background)

Sebaiknya kamu perlu memperhatikan aplikasi-aplikasi yang tetap berjalan dilatar belakang, dikarenakan di smartphone berbasis Android aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah kamu gunakan, akan terus berjalan di latar belakang walaupun kamu sudah menutupnya, terkecuali kamu sendiri sudah melakukan pengaturan atau mengkontrol aplikasi-aplikasi tersebut.

Kenapa saya menyarankan untuk membatasi atau menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang? alasannya karena sudah jelas bahwa aplikasi-aplikasi tersebut akan ikut serta menggunakan data internet jika memang aplikasi tersebut demikian, bagaimana jika semua aplikasi yang berjalan di latar belakang membutuhkan sambungan internet?

Tentu saja hasilnya sambungan internet akan terbagi-bagi dan tidak akan mencapai kecepatan maksimal pada saat anda menginginkannya, tentu saja solusi yang dapat kamu gunakan adalah mengaturnya dengan cara membatasi data latar belakang atau menghentikan secara paksa aplikasi tersebut di pengaturan, karena sudah tersedia dipengaturan untuk hal tersebut.

Caranya yaitu masuk ke "Settings - Data Usage" silahkan batasi aplikasi mana saja yang tidak boleh menggunakan internet saat berada di latar belakang atau background, dan untuk menghentikan aplikasi-aplikasi yang berada di latar belakang background caranya masuk ke "Settings - Application Manager - Force Stop" aplikasi mana saja yang akan dihentikan secara paksa di smartphone kamu.

Pilih Provider Yang Tepat Untuk Daerah Kamu

Termasuk faktor yang paling penting dalam mempengaruhi kecepatan internet adalah provider atau sim card yang kamu gunakan, tentu saja kecepatan internet yang tersedia di indonesia mempunyai kecepatan yang berbeda-beda dan ini sudah terbukti dibeberapa daerah yang ada di indonesia, maka dari itu pilihlah kartu sim atau sim card yang benar-benar maksimal di daerah kamu tersebut.

Pergunakan Access Point Name (APN) Yang Tepat

APN juga katanya sangat berpengaruh dalam menentukan kecepatan, jika kamu salah dalam mengatur APN tentu saja akan mempengaruhi juga internet yang kamu gunakan, maka dari itu sebaiknya pilih APN yang cocok untuk provider yang kamu gunakan, silahkan searching APN yang dapat memberikan akses internet lebih tentu saja harus sesuai dengan sim card yang kamu gunakan di Android kamu.

Pilih Jaringan 3G Only/WCDMA Only

Ini hanya sebatas untuk mengatur jaringan internet agar konsisten di satu jaringan saja, tapi jika memang jaringan 3G yang ada di daerah kamu memang cukup kuat atau terbilang normal tentu saja dapat mempercepat koneksi internet agar lebih maksimal, karena hanya terfokus dijaringan tersebut yang memang jaringan tercepat di smartphone kamu, tapi saya sendiri lebih memilih pengaturan jaringan 2G/3G otomatis.

Karena saya sendiri mempunyai alasan bahwa memang di daerah yang saya tinggali jaringan 3G saja belum cukup kuat maka dari itu kenapa saya lebih memilih jaringan di 2G/3G secara otomatis, karena jika pada saat 3G tidak tersedia, jaringan tersebut akan secara otomatis mengalihkan ke jaringan 2G dan juga sebaliknya jika jaringan 3G sudah tersedia lagi, kamu akan dialihkan ke jaringan tersebut secara otomatis.

Intinya begini, kenapa awalnya saya menyarankan menggunakan jaringan 3G Only atau WCDMA Only di smartphone Android kamu tersebut, karena jika memang tersedia jaringan 3G cukup kuat di daerah kamu, tentu jaringan tersebut akan secara konsisten di jaringan yang tercepat, dan sangat efektif untuk menghasilkan kecepatan secara terus menerus, akan tetapi jika memang jaringan 3G di daerah kamu sangat minim, otomatis 2G/3G lebih bisa diandalkan, karena kamu tidak akan terputus walaupun jaringan 3G hilang dan dialihkan ke 2G.

Kurang lebih seperti itu tips untuk mempercepat koneksi internet di smartphone Android, sebenarnya banyak sekali cara untuk mempercepat jaringan internet di Android, terutama cara-cara yang memang membutuhkan akses root atau perlu memodifikasi, nah karena hal tersebut cukup extreme tentu saja saya sendiri memilih untuk membagikan cara yang normal dan lumayan dapat membantu untuk mengoptimalkan jaringan internet, oke mungkin hanya itu saja semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Agar Lebih Stabil dan Cepat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.