Monday, June 13, 2016

Cara Memperbaiki SD Card Rusak Error Tidak Terbaca di Android

Apakah kartu memori atau microSD yang anda gunakan di smartphone Android pernah mengalami kerusakan? tentunya hal tersebut sangat membuat resah bukan? bagaimana tidak resah jika harus kehilangan file-file penting karena hanya memori tersebut rusak tidak dapat terbaca dan tidak dapat terdeteksi di Android.

MicroSD rusak tiba-tiba tidak terbaca, eh padahal kemarin masih bisa, kenapa ya? hal ini sempat saya rasakan dan tentu saja saya sangat gelisah karena di dalam kartu memori tersebut terdapat file-file penting yang saya gunakan, tapi kerusakannya tidak normal, jadi maksudnya padahal tidak ada kerusakan fisik dan pada saat kemarin masih bisa digunakan, tapi kok tiba-tiba tidak terbaca.

Nah, disitu saya mulai curiga kenapa sampai bisa error kartu memori tersebut, apalagi kapasitas SDcard tersebut lumayan cukup besar, sayang bangetkan kalau sampai rusak, karena hal tersebut saya penasaran apa masih bisa diperbaiki, apalagi peran SDcard di smartphone Android termasuk penting juga, sayang juga kalau foto-foto harus lenyap seketika karena masalah tersebut.

Tapi karena hal tersebut saya sudah mempunyai beberapa solusi untuk menghadapi SDcard error, rusak tidak terbaca oleh Android, cara ini saya pergunakan untuk membetulkan atau memperbaiki kartu memori yang saya pergunakan, dan syukurnya bisa bekerja dengan cukup memuaskan, akan tetapi saya tidak tahu menahu kalo cara ini bisa efektif di kartu memori microSD yang kamu gunakan.

Karena menurut saya sendiri, kerusakan yang dialami pasti berbeda-beda dari setiap orang, seperti kerusakan fisik ini sangat terkecuali bahwa sudah dipastikan kerusakan fisik microSD atau kartu memori yang anda pergunakan merupakan kerusakan fatal dan sangat mustahil untuk diperbaiki, tapi alangkah baiknya anda coba dulu, jika kamu memang mengalami kerusakan terhadap kartu memori di smartphone Android.

Cara Memperbaiki SD Card Rusak Error Tidak Terbaca di Android

Cara Memperbaiki SD Card Rusak Error Tidak Terbaca di Android

Ada beberapa cara yang dapat kamu pergunakan, silahkan pilih beberapa cara yang saya jabarkan dibawah ini, tidak mempan dengan cara pertama lanjut menggunakan tahap kedua, tidak mempan tahap kedua, lanjut ke tahap ketiga, jika tidak mempan semua dari cara dibawah, coba cek menggunakan cara dari blog atau situs lainnya, tapi semoga lancar sih sob.

Cara Pertama :

  1. Pertama, matikan terlebih dahulu smartphone Android kamu.
  2. Setelah itu copot kartu memori/microSD dari smartphone.
  3. Sekarang, bersihkan lempengan tembaga kartu memori tersebut, menggunakan penghapus dengan cara gosok secara perlahan sehingga terlihat bersih, tapi jangan terlalu menggunakan tenaga ya, takutnya malah tambah rusak kartu memorinya, sebaiknya gosok secara perlahan.
  4. Sesudah membersihkan lempengan tembaganya, sekarang coba pasang lagi ke smartphone dan coba nyalakan, cek apakah kartu memorinya sudah terbaca atau belum? jika belum silahkan lanjut ketahap kedua.

Cara Kedua :

  1. Siapkan kabel USB dan perangkat PC/Komputer.
  2. Lalu tancapkan atau sambungkan smartphone kamu ke PC/Komputer menggunakan kabel USB.
  3. Lalu pilih pengaturan USB Mass Storage, USB Mass Storage ini biasany dipergunakan untuk transfer data dari PC ke smartphone atau sebaliknya.
  4. Jika sudah terdeteksi di PC/Komputer sekarang masuk ke "My Computer" atau "Windows Explorer" jika kartu memori kamu terdeteksi di komputer maka nanti akan terlihat drive baru dengan nama kartu memori kamu.
  5. Sekarang klik kanan nama kartu memori kamu, terus pilih "Tools" lalu pilih lagi "Check now...".
  6. Beri tanda centang dikeduanya, lalu tunggu proses hingga selesai, cara ini berguna untuk memperbaiki bad sektor di memori kamu atau memperbaiki error.
  7. Terakhir, jika proses sudah selesai tinggal "Eject" kartu memori dari komputer dan cabut USB.
  8. Silahkan cek, biasanya setelah proses eject, akan langsung terdeteksi kartu memorinya, jika masih belum, coba pergunakan cara ketiga dibawah ini.

Cara Ketiga :

  1. Pada cara diatas, banyak yang mengeluhkan tidak terbaca di komputer, sekarang coba pergunakan Card Reader.
  2. Sambungkan kartu memori yang rusak ke PC/Komputer menggunakan Card Reader, jika terbaca maka pergunakan cara pada tahap kedua, yaitu memperbaiki "Bad Sectors" kartu memori tersebut.
  3. Jika sudah selesai coba pasang lagi ke smartphone kamu, dan cek apakah sudah terbaca atau belum, jika masih belum bisa dipastikan kerusakan cukup parah, coba cara selanjutnya.

Cara Keempat :

  1. Masuk ke Settings atau Pengaturan di smartphone Android kamu.
  2. Selanjutnya pilih "Storage" lalu gulir kebawah sampai melihat menu SD card, dan disana kamu akan melihat "Unmount SD Card" dan juga "Erase SD Card" untuk unmount sdcard berguna untuk mencopot atau melepas kartu memori, sehingga tidak terbaca walaupun kartu memori tersebut terpasang, dan untuk erase sdcard sama halnya dengan format, ya itu menghapus keseluruhan isi kartu memori tersebut.
  3. Coba dengan unmount sdcard lalu mount lagi sdcardnya, dengan cara ini jika kerusakan atau error di kartu memori termasuk ringan, bisa saja kartu memori akan normal lagi.
  4. Jika dengan unmount tidak berhasil silahkan dipikir dulu untuk melakukan erase sdcard, dan cara ini belum tentu akan efektif jika kerusakan kartu memori kamu dapat teratasi, tapi apa salahnya mencoba, namun ya efek sampingnya kamu akan kehilangan semua data di kartu memori tersebut.

Catatan : Saya pernah mengalami kerusakan terhadap SD Card atau Kartu Memori yang saya gunakan, dan saya mencoba meggunakan cara pertama berhasil sih tapi selang pemakaiaan tidak terbaca lagi, menggunakan cara kedua tidak terbaca, dan menggunakan cara ketiga manjur walaupun harus kehilangan semua data, karena saya melakukan format.

Semoga saja dengan beberapa cara diatas dapat berhasil, untuk memperbaik kartu memori atau SDCard / MicroSD yang kamu gunakan di smartphone Android, oke mungkin hanya itu saja, semoga bermanfaat sobat AndroidTechnoria.

Artikel Terkait

Cara Memperbaiki SD Card Rusak Error Tidak Terbaca di Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.