Kamis, 09 Juni 2016

Cara Main Game Nintendo64 di Android Menggunakan Emulator CoolN64

Nintendo 64, apakah kamu tahu dengan salah satu series dari Nintendo ini? sepertinya banyak yang tidak mengetahuinya jika harus dibandingkan dengan series terdahulunya yaitu Nintendo, jika kamu sekarang berumuran 22 tahun ke atas, tentu saja kamu dapat mengetahui akan hal ini, karena Nintendo merupakan sebuah video game console yang sempat mendunia dan begitu populer dijamannya.

Namun sayang, karena seperti yang kita ketahui bahwa Nintendo ini harus hilang di telan jaman, bahkan dari hari ke hari semakin hilang saja jejaknya, tentu saja secara Nintendo merupakan video game console yang dirilis pada tahun 90'an, dari segi kualitas grafik saja jika dibandingkan dengan sekarang jauh banget, dan kebanyakan hanya permainan klasik saja yang disediakan.

Sedikit membahas tentang Nintendo 64 atau yang lebih dikenal dengan N64, salah satu video game console yang satu ini di rilis pada tahun 1996 secara perdana di jepang, dan terus menjalar ke beberapa negara, termasuk negara di benua Amerika dan juga Eropa, yang paling unik dan perlu juga untuk kamu ketahui sebagai pengetahuan tentang informasi teknologi.

Bahwa Nintendo 64 ini termasuk video game console yang paling berpengaruh dalam ikut serta membantu perkembangan teknologi, pasalnya sebelum adanya video game console yang lebih memukau dari N64, Nintendo 64 lah yang memperkenalkan teknologi-teknologi yang sekarang banyak digunakan dan terus dikembangkan di game konsol lainnya.

Misalnya teknologi "DualShock" mungkin sebagian dari kalian mengira bahwa teknologi ini terlebih dahulu di perkenalkan oleh Playstation yang pada saat itu memang lebih unggul dan merupakan generasi terbaru dalam dunia game konsol, tapi sebenarnya teknologi tersebut terlebih dahulu diperkenalkan oleh Nintendo dengan sebutan "Rumble Pak" dan sekarang semakin menjamur dan terus dikembangkan.

Selain itu ada lagi hal menarik lainnya, yaitu teknologi "Analog Stik" saya sendiri lebih mengenal stik analog di era video game konsol playstation saja, padahal teknologi stik analog ini terlebih dahulu diperkenalkan oleh Nintendo64, entah kenapa mungkin di indonesia sendiri kurang populer, mungkin sangat salah juga kalo di bilang Nintendo64 kulang populer.

Sebelumnya saya sempat membaca kutipan tentang Nintendo 64 atau N64 di situs ternama Wikipedia, bahwa sebetulnya Nintendo64 ini bukan kalah populer atau kurang diminati sehingga kurang dikenal di negeri kita, melainkan memang salah satu penyebabnya adalah Nintendo64 menggunakan "Cartridge" atau kaset yang memang mempunyai harga mahal dan susah sekali di salin bahkan di bajak, jika dibandingkan dengan CD.

Mungkin hanya itu saja penjelasan sekilas tentang informasi teknologi dari video game console Nintendo 64, selanjutnya kita beralih ke inti dari pembahasan, yaitu cara menggunakan atau menjalankan game Nintendo64 di smartphone Android, emang cukup gila juga ya Android, serba bisa emang jenis ponsel pintar besutan Google Inc ini.

Cara Main Game Nintendo64 di Android Menggunakan Emulator CoolN64

Cara Main Game Nintendo64 di Android Menggunakan Emulator CoolN64

Untuk dapat menjalankan atau memainkan game Nintendo64 sendiri anda hanya perlu bermodalkan smartphone Android dan juga aplikasi didalamnya, aplikasi tersebut berupa emulator yang berguna untuk menjalankan atau untuk memungkinkan menjalankan permainan Nintendo64 di smartphone Android kesayangan kamu.

Jika sebelumnya kamu diperkenalkan untuk menjalankan game PS1 dan PSP sekarang lain lagi, dengan adanya bantuan dari aplikasi emulator CoolN64 untuk Android, kamu dapat menjalankan atau memainkan game dari game console yang sudah lama ditelan jaman, CoolN64 sendiri dikembangkan oleh "Cool Emulators", penasaran gak sob? langsung saja yuk simak cara penggunaannya.

  1. Siapakan terlebih dahulu aplikasi emulatornya, download aplikasi CoolN64 emulator Nintendo64 untuk Android.
  2. Setelah itu jangan lupa download file game Nintendo64, untuk mengunduh file gamenya sendiri kamu dapat mencarinya di situs Freeroms atau Emuparadise.
  3. Setelah itu simpan file gamenya di SDcard, terserah kamu mau menyimpannya dimana, yang jelas lebih disarankan untuk menyimpannya di folder yang dapat mempermudah proses pencarian nantinya, misalnya membuat folder dengan nama "N64 ROM".
  4. Selanjutnya, jalankan aplikasi emulator CoolN64 dan tunggu proses "Scan" sampai selesai.
  5. Langkah terakhir yaitu memilih game yang sudah tersimpan pada tahap sebelumnya, dengan cara klik "Choose Game" biasanya file game N64 itu berformat .zip jadi pilih file game tersebut, dan selesai kamu sudah dapat memainkan game Nintendo64 di smartphone Android kamu.

Bagaimana? mudah bukan dengan cara ini kamu sudah dapat memainkan game-game Nintendo64 di OS Android yang kamu gunakan, oke selamat bermain dan semoga bermanfaat ya sobat Androidtechnoria.

Tidak ada komentar: