Rabu, 08 Juni 2016

Cara Bermain Game SNES di Android Menggunakan SuperGNES

Game console "Super Nintendo Entertainment System" atau disingkat menjadi "SNES" mempunyai julukan lain yaitu "Super NES" adalah game console dari series nintendo yang di rilis pada tahun 90'an produk asli asal jepang ini merupakan game console yang cukup populer pada jamannya sehingga mewabah ke benua amerika, eropa dan juga australia di sekitar tahun 90'an.

Seperti yang dikutip oleh situs Wikipedia bahwa "Super Nintendo Entertainment System" (SNES), merupakan salah satu video game console (16-bit) dan uniknya SNES mempunyai beberapa perbedaan nama selain dijepang, antara lain "Super Comboy" sebutan ini berasal dari korea dan untuk dijepang sendiri sering disebut "Super Famicom".

Mungkin sebagian dari kalian ada yang tidak mengetahui tentang SNES dan malah lebih tahu dengan generasi sebelumnya yaitu video game console "Nintendo" tapi SNES juga cukup baik dimata dunia bahwa pada jamannya juga SNES sudah mampu laku di pasar dunia, namun sayangnya series game console yang satu ini sudah ditelan jaman.

Penasaran main game SNES? tapi katanya udah ditelan jaman, malah game consolenya aja udah gak pernah lihat lagi, jangan salah jika kamu seorang pengguna smartphone Android, memainkan game Super Nintendo Entertainment System bukan lagi hal yang aneh, karena kamu dapat memainkannya di Android tanpa memiliki game console tersebut.

Cara Bermain Game SNES di Android Menggunakan SuperGNES

Cara Bermain Game SNES di Android Menggunakan SuperGNES

Sebelum itu kamu juga perlu mempersiapkan sebuah emulator SNES agar kamu dapat memainkan berbagai macam permainan SNES di smartphone kesayangan kamu, nama emulatornya adalah SuperGNES yang dikembangkan oleh Neutron Emulation, aplikasi ini juga disediakan secara gratis yang bisa kamu dapatkan di Google Playstore.

Sebetulnya ada 2 versi dari emulator SuperGNES, yaitu versi berbayar dan juga gratis namun untuk sekedar coba-coba kita coba yang versi gratisnya aja ya sob, penasaran gak? langsung aja yuk simak di bawah ini.

Cara Menggunakan Emulator SuperGNES di Android :
  1. Pertama, download aplikasi emulator SuperGNES.
  2. Lalu jangan lupa untuk mengunduh file snes rom atau file gamenya, untuk SNES ROM nya sendiri kamu dapat mengunduhnya di situs Emuparadise atau Loveroms.
  3. Setelah itu simpan SNES ROM di SDcard, terserah mau di simpan dimana tapi lebih disarankan untuk membuat folder baru dan memberi nama "SNES ROM" agar dapat mempermudah kamu dalam proses pencarian nantinya.
  4. Jika emulator dan SNES ROM sudah siap atau sudah tersedia, sekarang jalankan aplikasi SuperGNES, jika ada notifikasi "SuperGNES EULA" pilih saja "I Agree".
  5. Setelah itu biasanya ada pemberitahuan "Scan for Games" untuk memindai game SNES yang tersedia di ruang penyimpanan Android kamu, terus pilih saja "OK" untuk memindainya, jika tidak ada pemberitahuan "Scan for Games" kamu juga bisa melakukan cara manual dengan cara masuk ke "Settings" di SuperGNES lalu pilih "ROM Directory" lalu pilih folder tempat kamu menyimpan SNES ROM.
  6. Selanjutnya, setelah SNES ROM berhasil terdeteksi di aplikasi emulator SuperGNES nanti di halaman utama ada nama game tersebut, dan tinggal kamu jalankan gamenya.
  7. Selesai, sekarang kamu sudah dapat bermain game SNES di smartphone Android.

Catatan : Setiap menjalankan game apapun dengan menggunakan emulator, tentu saja kamu perlu menyediakan file disc atau file gamenya terlebih dahulu, maka dari itu kamu perlu menyediakan file-file gamenya untuk dapat kamu mainkan menggunakan SuperGNES Emulator.

Mudah bukan, untuk dapat memainkan game Super Nintendo Entertainment System di smartphone Android, cocok banget bagi kamu yang memang sangat penasaran sama permainan game jadul dari Super NES ini, khususnya yang lahir pada tahun 2000'an, tentu saja kamu tidak pernah mengetahui akan hal ini, terkecuali dari info berita, oke mungkin hanya itu saja, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: