Thursday, June 16, 2016

Begini Cara Menggunakan Android Device Manager Dengan Benar

Jika sebelumnya saya sempat membagikan suatu cara untuk mengamankan smartphone kamu dari tindakan pencurian, entah itu alasannya karena terjatuh lalu jatuh ke tangan orang lain atau memang benar-benar hilang karena di curi, nah yang akan saya bagikan kali ini juga masih berhubungan dengan security atau keamanan, yang dimana merupakan salah satu fitur keamanan dari produk Google.

Bisa dibilang ini merupakan suatu cara memanfaatkan atau menggunakan Android Device Manager, tentunya kamu sendiri masih banyak yang tidak mengetahui bahkan fungsinya pun tidak tahu, nah maka dari itu saya sangat tertarik untuk menuliskan serta membahas tentang Android Device Manager di artikel yang sedang anda lihat ini, penasaran gak sih? kalo iya simak terus ya sob.

Cara Lengkap Menggunakan Android Device Manager.

Begini Cara Menggunakan Android Device Manager Dengan Benar

Suatu pencegahan itu perlu kamu lakukan untuk menghindari tindakan-tindakan yang bersifat merugikan kamu sendiri, termasuk tindak kejahatan seperti halnya pencurian, tentu saja kamu akan merasa resah dan gelisah jika kamu mengalami kehilangan smartphone kamu, entah itu hilang karena terjatuh, ketinggalan atau memang benar-benar di curi, nah di situasi inilah kamu dapat memanfaat Android Device Manager.

Sebelum itu, agar lebih jelas sebaiknya kita membahas terlebih dahulu tentang apa itu, Android Device Manager, Android Device Manager merupakan salah satu perangkat lunak buatan Google, yang berguna untuk melacak smartphone Android kamu yang hilang, serta dapat memberikan perintah wipe data, mengunci perangkat, melindungi dari factory reset secara paksa oleh si pencuri, dengan ini kamu dapat melindungi smartphone kamu disaat kehilangan.

Persyaratan Untuk Menggunakan Android Device Manager.

  • Pastikan kamu sudah terhubung atau login menggunakan akun Google di smartphone kamu.
  • Setelah itu jangan lupa untuk mengaktifkan fitur seperti GPS dan juga internet, maka dari itu ini termasuk hal penting agar Android Device Manager berjalan dengan baik.
  • Dan persyaratan lainnya yaitu, mengaktifkan fitur-fitur yang berhubungan dengan Android Device Manager, di pengaturan smartphone kamu.

Cara Menghidupkan atau Menggunakan Android Device Manager.

Sebenarnya untuk menggunakan Android Device Manager tersedia di bagian settings, dan secara default memang sudah disediakan dan pengaturan tentang Android Device Manager juga disediakan, misalnya perintah penghapusan data dan melacak lokasi smartphone yang hilang, caranya masuk ke "Settings - Security" dan pastikan "Remotely Locate This Device" dan "Allow Remote Lock and Erase" sudah kamu aktifkan sebelumnya.

"Remotely Locate This Device" sendiri berguna untuk mengizinkan melacak smartphone kamu jika hilang dan sedangkan "Allow Remote Lock and Erase" beguna untuk mengunci smartphone dan menghapus data-data yang tersimpan di smartphone yang hilang tersebut secara jarak jauh, jadi dengan mengaktifkan beberapa perintah diatas kamu sudah dapat melacak bahkan menghapus data smartphone kamu disaat hilang.

Cara Melacak Smartphone Hilang dengan Android Device Manager.

Sedangkan untuk melacak keberadaan smarthone kamu yang hilang, kamu dapat menggunakan akses browser, entah itu di PC atau Laptop atau di smartphone lainnya, caranya yaitu masuk ke situs atau website google device manager (Google Device Manager) jangan lupa untuk login menggunakan akun Google yang kamu gunakan di smartphone yang hilang.

Dengan situs atau website Android Device Manager kamu dapat melacak bahkan secara akurat beserta lokasi dan map yang sudah disediakan, bahkan kamu dapat melihat log kapan terkahir smartphone tersebut digunakan, sebaiknya kamu juga perlu bergerak cepat agar kamu tidak kehilangan smartphone kamu yang sudah berada ditangan orang lain.

Fitur Unggulan Android Device Manager.

Ada tiga fitur unggulan yang disediakan oleh Android Device Manager, antara lain seperti Ring, Lock, Erase, dengan ketiga fitur tersebut kamu sudah dapat mengamankan smartphone kamu yang sudah hilang sebelumnya, namun kamu juga perlu mengaktifkan beberapa fitur seperti yang saya katakan diatas, nah kegunaan ketiga fitur ini untuk apa sih? yuk kita bahas satu persatu.

Ring : Kamu dapat mengkontrol volume dari smartphone target yang sedang hilang dan jatuh ketangan orang lain, dengan fitur ini kamu dapat membunyikan alarm dari jarak jauh walaupun smartphone tersebut dalam keadaan silent.

Lock : Dengan fitur ini kamu dapat mengamankan smartphone kamu agar tetap aman tidak digunakan macam-macam oleh si pencuri, jadi dengan adanya fitur ini akmu dapat mengunci smartphone kamu dengan berupa password yang dapat kamu buat secara darurat, setelah itu smartphone kamu akan terkunci dan tidak dapat digunakan.

Erase : Dengan menggunakan fitur ini kamu akan menghapus semua data yang tersimpan di smartphone kamu yang hilang, misalnya seperti Photo, Video, dan file lainnya yang tersimpan di SD card bahkan di internal memori, tapi efeknya kamu tidak dapat menggunakan Android Device Manager lagi, antara lain kamu sudah mengikhlaskan tapi setidaknya data kamu juga tidak ikut tercuri.

Jangan gegabah untuk mencari smartphone kamu yang hilang hanya seorang diri saja, setidaknya kamu harus membawa teman dekat atau saudara kamu untuk mengantar ke target lokasi smartphone yang hilang, untuk antisipasi tindakan kejahatan lebih lanjut, berbahaya juga loh jika kamu menghampirinya sendirian, maka dari itu kamu perlu bantuan dari orang-orang yang dekat dengan kamu.

Nah kurang lebih seperti itulang untuk mengamankan smartphone kamu dari tindakan pencurian atau bahkan smartphone hilang dan jatuh ke tangan orang lain, setidaknya dengan cara ini mencegah tindakan pencurian lebih lanjut seperti halnya data-data penting yang tersimpan di smartphone kamu dapat kamu hapus semua tanpa sisa, ya walaupun dengan tindakan mengapus data kamu sudah mengikhlaskan smartphone kamu tersebut.

Artikel Terkait

Begini Cara Menggunakan Android Device Manager Dengan Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.