Wednesday, June 15, 2016

6 Tips Membeli Smartphone Android Bekas Tapi Berkualitas

Banyak sekali pilihan smartphone dengan harga yang bervariasi dan semuanya memiliki spesifikasi atau kehandalan yang berbeda-beda, namun ada segelintir orang yang sering memanfaatkan moment pembelian smartphone secara langsung namun ada juga yang memilih untuk membeli smartphone bekas saja.

Dari hal tersebut perlu diperhatikan bahwa jika kamu seorang yang sering membeli smartphone secara langsung, perhatikan juga apakah smartphone tersebut kualitasnya original atau bajakan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka hal tersebut bersifat wajib untuk para pembeli smartphone secara langsung.

Sedangkan ada juga yang memilih untuk membeli smartphone bekas, dan ini termasuk pembelian yang begitu perlu extra kewaspadaan, karena jika anda membeli produk atau barang bekas yang salah, bisa-bisa kamu akan mengalami kerugian pada saat proses pembelian, karena barang yang anda dapatkan tidak sesuai dengan yang anda harapkan.

Melainkan produk atau barang tersebut sudah tidak layak pakai, dan biasanya hanya mengandalkan bagian fisik saja yang terlihat baru sedangkan bagian dalamnya sudah tidak bisa diharapkan lagi, jadi pada saat penggunaan sudah jelas tidak akan awet atau tidak akan bertahan lama.

6 Tips Membeli Smartphone Android Bekas Tapi Berkualitas

6 Tips Membeli Smartphone Android Bekas Tapi Berkualitas

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar mendapatkan smartphone berkualitas, ya walaupun smartphone tersebut termasuk barang kedua atau ketiga yang jatuh ketangan anda, jadi kesannya walaupun bekas tapi berkualitas, nah kamu penasaran cara mendapatkan smartphone bekas tapi berkualitas? kalau begitu langsung simak saja yuk di bawah ini.

1. Brand New Open Box (BNOB) Lebih Disarankan.

Maksudnya Brand New Open Box (BNOB) adalah barang baru namun segelnya sudah terbuka, tentu saja barang bekas ini termasuk barang yang berualitas, secara barang jenis BNOB ini termasuk barang baru hanya saja segelnya sudah terbuka, biasanya dikarenakan salah beli barang dan ingin menjualnya kembali.

Untuk mencari barang BNOB ini sendiri kamu dapat memanfaatkan fasilitas jual beli online, atau memanfaatkan forum-forum jual beli seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Kaskus dan lain sebagainya, dengan kata kunci BNOB, tentu saja untuk masalah harga lebih murah dibandingkan dengan smartphone baru, dan lebih mahal ketimbang barang bekas lainnya.

2. Pastikan Kondisi Barang Terlebih Dahulu.

Sebelum anda mencari dan memilih barang bekas semisal smartphone, carilah barang yang masih terbilang baru atau belum lama digunakan, biasanya ini sangat berpengaruh terhadap kondisi mesin, jadi misalkan kamu ingin membeli smartphone bekas carilah yang umurnya masih kisaran 1 tahun kebawah.

Tentu saja ini sangat berpengaruh untuk mencari barang yang berkualitas dengan harga wajar, karena biasanya pemakaian di atas 1 tahun atau bahkan 2-3 tahun, kondisi barang sudah tidak layak anda perjuangkan di keseharian, dengan kata lain kondisi barang sudah melalui banyak hal oleh si pengguna, entah apa itu pastikan saja barang masih kondisi layak pakai, kalau bisa yang masih bergaransi, jadi anda lebih merasa aman jika mengalami kerusakan.

Selain kondisi mesin kondisi fisik juga diutamakan, carilah smartphone bekas yang masih terlihat wajar keadaan kondisi fisiknya, dan harus sesuai dengan deskripsi yang dituliskan oleh penjual, jika memang sekedar lecet pemakaiaan periksalah terlebih dahulu, apakah memang lecet-lecet biasa jika tidak sesuai sebaiknya jangan anda ambil, karena dari awal sudah menipu.

Maka dari itu perlu kamu perhatikan pada bagian ini untuk mencari smartphone bekas berkualitas namun dengan harga yang wajar, hal ini pernah saya alami untuk mencoba membeli smartphone bekas, sebelum itu saya cek keadaan smartphone dari kondisi fisik, bagian dalam baterai saya perhatikan dan saya coba semua fasilitas smartphone tersebut, hasilnya normal saja langsung saja saya ambil dan sampai sekarang memang masih awet.

Intinya kamu perlu bijaksana dalam pemilihan smartphone bekas untuk mendapatkan kondisi barang yang berkualitas, sebaiknya kamu cek sedetail mungkin kondisi barang sampai kamu merasa puas dengan barang tersebut, jika merasa ada kecacatan tidak sesuai dengan deskripsi yang dituliskan oleh penjual, pilihan terbaik adalah membatalannya dan cari penjual smartphone bekas lainnya, tentu saja barang berkualitas dan harga wajar diutamakan.

3. Pastikan Kelengkapan dan Fungsinya.

Kelengkapan yang telah disediakan oleh si penjual apakah sudah lengkap sesuai dengan yang dituliskan di deskripsi? biasanya para penjual online selalu menulis deskripsi dari barang yang akan dijual termasuk dengan kelengkapan, maka dari itu cek terlebih dahulu kelengkapan apakah lengkap dan jangan lupa untuk mencobanya, jangan sampai kelengkapan tidak berfungsi misalnya charger.

Untuk cek fungsi sendiri, seperti yang saya sebutkan diatas bahwa kamu harus sedetail mungkin mengecek semua kondisi barang sampai kefungsi dari smartphone tersebut, misalnya seperti Speaker, Jack Audio, Camera, Telepon, SMS, Bluetooth, Wifi, Paket Data, Tombol Volume Up & Down, Power dan lain sebagainya, jangan sampai ada fungsi yang tidak bekerja, jika demikian ada kerusakan lebih baik kamu batalkan saja.

Jangan asal beli saja semua harus kamu jelajah layaknya smartphone sudah milik kamu pada saat berada di TKP, takutnya touchscreen nya bermasalah, charger adapter rusak, pada saat telepon tidak ada suaranya, speaker mati, smartphone sering restart sendiri pada saat digunakan, dan kerusakan lainnya yang mungkin dapat terjadi, maka dari itu jadilah pembeli pintar atau smart buyer, karena untuk mencari barang berkualitas perlu keuletan kamu sendiri.

4. Pastikan Harga Sesuai Dengan Kondisi Barang.

Sebaiknya kamu perlu update mengenai harga-harga smartphone bekas sampai terbaru, jangan sampai kamu tertipu oleh jenis barang tertentu, sebaiknya kamu cari smartphone bekas dengan harga yang sesuai dengan kondisi barang yang ditawarkan, disini kamu perlu cermat dan perlu kebijaksanaan dalam pemilihan barang bermutu berkualitas namun harga yang ditawarkanpun wajar-wajar saja.

5. Pilih Sistem Transaksi Pembayaran Paling Aman.

Jika kamu lebih memilih membeli barang bekas melalui sistem jual beli online, pastikan kamu memilih pembayaran yang terbilang aman, misalnya COD (Cash on Delivery) dengan metode ini tentu saja terbilang aman, antara kamu dan penjual atau sebaliknya, namun pastikan TKP merupakan tempat ramai tidak sepi untuk menghindari tindak kejahatan.

Atau ada jenis pembayaran yang sedang populer yaitu sistem pembayaran RekBer (Rekening Bersama) namun kamu juga perlu kewaspadaan, jangan sampai kamu tertipu hanya karena admin yang menyediakan jasa rekber sekongol dengan si penjual dan kamulah yang jadi sasaran penipuan, maka dari itu kamu perlu memperhatikan jasa rekber mana yang paling aman, untuk menghindarkan dari tindak kejahatan seperti tindak penipuan.

6. Reset Ulang Data Pabrik (Factory Reset).

Pastikan smartphone sudah kamu reset ke data pabrik, karena untuk keamanan kamu dan juga penjual, tidak hanya itu jika smartphone tersebut merupakan OS Android Lollipop atau diatasnya tentu saja mempunyai fitur FRP (Factory Reset Protection) yang dimana perlu verifikasi akun agar dapat di reset ke setelan pabrik, maka dari itu perlu kamu lakukan saat berada bersama penjual, tidak hanya pemberian uang saja yang secara langsung, hal ini juga terbilang perlu kamu lakukan.

Setidaknya dengan tips diatas kamu dapat mencari barang bekas sejenis smartphone dengan kondisi barang yang berkualitas masih layak pakai dan pastinya masih awet untuk digunakan berlama-lama dari tahun ke tahun, tentu saja dengan kepintaran kamu sendiri dalam pembelian barang seperti itu sangatlah mungkin, mungkin kamu mempunyai tambahan lain untuk tips mendapatkan barang bekas berkualitas? silahkan isikan kolom komentar yang telah disediakan di blog ini, untuk membantu para pembeli lainnya untuk melakukan smartbuyer.

Artikel Terkait

6 Tips Membeli Smartphone Android Bekas Tapi Berkualitas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.