Saturday, May 28, 2016

Tips Jitu Untuk Memaksimalkan Android Spek Rendah

Tips Jitu Untuk Memaksimalkan Android Spek Rendah - Android kamu termasuk spek rendah? pasti ada banyak keluhan yang dapat dirasakan para pengguna smartphone Android dengan spesifikasi menengah kebawah, karena dalam sisi performa memang bisa di bilang sangat tidak memuaskan.

Jangankan untuk bermain game dengan kualitas HD untuk menggunakan layanan media sosial saja terkadang suka lag, lemot, kadang sampai hang, nah ini permasalahan yang sering saya dengar dan banyak dari segelintir orang yang pernah merasakannya pada saat menggunakan smartphone Android spesifikasi rendah.

Tips Jitu Untuk Memaksimalkan Android Spek Rendah

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir lagi, karena di sini saya akan mencoba membagikan suatu cara yang dapat meminimalisir performa Android spesifikasi rendah, cara ini cocok banget bagi kamu yang masih betah menggunakan Android lama, dengan kapasitas RAM kecil misalkan 1GB ke-bawah.

Sebenarnya cara ini merupakan hasil dari keseharian saya saat menggunakan smartphone Android dengan kapasitas RAM yang sangat kecil, yang tentunya mempunyai performa yang sangat buruk jika digunakan Multitasking, dan harus pintar-pintar memilih game yang cocok jika hendak ingin bermain game.

Apakah kamu menggunakan Android spek menengah ke-bawah?

Sebaiknya, anda pikirkan lebih dulu untuk mengikuti saran saya, karena di sini saya akan memberikan saran-saran untuk meminimalisir penggunaan smartphone Android berspesifikasi rendah, karena yang saya takutkan anda akan salah kaprah menilai artikel saya dan terjadi sesuatu yang tidak di inginkan terhadap ponsel anda tersebut.

Tapi saya tegaskan bahwa cara ini merupakan hasil dari keseharian saya dalam penggunaan smartphone Android spesifikasi rendah, agar lebih maksimal saat digunakan, dan meminimalisiri terjadinya lag, lemot serta hang.

Berikut ini Tips Jitu Untuk Memaksimalkan Android Spek Rendah Agar lebih Maksimal, yang dapat kamu coba di smartphone Android kamu, perhatikan baik-baik :

1. Root Android Kamu.

Poin ini harap diperhatikan karena melakukan rooting Android itu bukan perkara mudah, mungkin caranya saat ini sudah terbilang mudah, karena sudah banyak sekali panduan untuk melakukan root Android di mana-mana, namun di sini yang perlu di perhatikan yaitu hasilnya.

Jika anda melakukan kesalahan dalam melakukan root bisa saja, smartphone Android yang anda gunakan bootloop berhenti di logo booting, maka dari itu gunakan panduan yang terpercaya dan ikuti secara benar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Hapus Aplikasi Bawaan.

Makanya saya menyarankan untuk rooting android anda, karena akses root akan membantu anda dalam melakukan hal apapun terkait penggunaan smartphone Android, jika anda ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting maka root lah modal utama yang harus anda penuhi.

Jika anda sudah memiliki akses root maka bisa anda coba saran saya, yaitu mengahapus aplikasi bawaan pabrik, yang menurut anda tidak penting, aplikasi system pun bisa anda hapus hanya saja, harap di perhatikan bahwa penghapusan aplikasi system tidak lah aman, anda harus tahu dulu aplikasi system yang mana yang bisa anda hapus tanpa mengakibatkan apapun.

3. Gunakan Custom ROM.

Menggunakan custom ROM ampuh untuk meningkatkan performa smartphone Android spek rendah, karena biasanya customROM sudah di rancang sedemikian rupa baik itu memodifikasi tampilan bahkan performa, tapi harap di perhatikan ya, pemilihan custom ROM yang benar.

Saya sarankan lihat dulu fitur ROM tersebut, apakah masih ada bug atau tidak, apakah berjalan dengan baik, dan lain sebagainnya, pilihlah custom ROM yang mempunyai performa yang sangat baik dan sempurna tidak ada kendala apapun saat digunakan, karena di sini kita memperhatikan performa bukan sekedar enak dipandang.

4. Batasi Pemasangan Aplikasi Berlebihan.

Pasang aplikasi yang sekiranya penting untuk anda gunakan sehari-hari, jangan terlalu rakus untuk berfikir serba ada, karena pemasangan aplikasi itu membutuhkan ruang memori untuk dapat terpasang di smartphone Android anda.

Maka dari itu gunakan aplikasi secukupnya yang amat penting untuk keseharian anda, cara ini ampuh untuk meminimalisir performa Android spek rendah agar lebih maksimal.

5. Perhatikan Background Aplikasi.

Harap di perhatikan hal ini pada saat anda menggunakan aplikasi, sebenarnya aplikasi tersebut tidak berhenti sepenuhnya walaupun sudah anda tutup/berhenti menggunakannya, nah maka dari itu semakin banyak aplikasi yang anda gunakan/buka maka semakin banyak juga aplikasi yang berjalan di latar belakang/background.

Maka hal ini mengakibatkan hal-hal yang sangat tidak di inginkan bagi pegguna Android spek menengah ke bawah, karena Android akan terasa berat, sering lag, lemot, bisa juga sampai hang, ada 2 cara mengantisipasinya, yaitu sebagai berikut.

Cara Pertama :

Cara ini bisa di bilang cara manual yang dapat anda lakukan tanpa harus memasang aplikasi pihak ke-tiga, yaitu dengan memanfaatkan fitur "Force Stop" atau "Paksa Berhenti" di bagian pengaturan, management application.

Cara Kedua :

Cara ini merupakan cara yang paling saya sukai, karena kenapa? karena cara ini sangat ampuh untuk memaksimalkan smartphone Android menengah ke-bawah, dengan bantuan aplikasi Greenify Donate, dengan aplikasi ini anda dapat mengkontrol aplikasi apa saja termasuk aplikasi system.

Cara kerja dari aplikasi ini yaitu menghibernasi aplikasi, jadi aplikasi yang anda gunakan sebelumnya tidak akan berjalan di latar belakang, melainkan secara otomatis berhenti secara penuh, dan tentu saja dengan aplikasi ini akan lebih mengirit penggunaan RAM yang terpakai.

6. Hindari Animasi Wallpaper.

Selain dapat menguras baterai menggunakan animasi wallpaper atau wallpaper bergerak juga dapat mempengaruhi performa Android yang anda gunakan, maka dari itu menggunakan wallpaper gambar biasa bukan animasi lebih di sarankan.

7. Hindari Penggunaan Widget Berlebihan.

Halaman utama atau home screen yang di penuhi dengan widget tentu saja mempengaruhi penggunaan RAM, karena semua widget yang anda pasang akan terus melakukan proses.

Maka dari itu hal ini akan sedikit memakan RAM Android yang anda gunakan, saya sarankan untuk menghapus widget yang anda, dan gunakan seadanya yang menurut anda penting, ingat ya kita di sini lebih mementingkan performa dari pada penampilan, hehe.

8. Hindari Mempercantik Tampilan.

Mempercantik tampilan Android yang anda gunakan, tentu saja merupakan hal yang wajar biar terlihat unik dan lebih enak saat di lihat, ya kesannya seperti tidak membosankan, tapi apakah anda tahu, hal bersangkutan dengan mempercantik tampilan itu akan menguras performa.

Misalnya seperti memasang lockscreen keren, memasang widget keren, memasang launcher heboh dengan animasi di mana-mana, nah hal itu jika di lakukan di Android dengan spek rendah, pastinya anda sudah tahu betul dengan hasilnya kan? maka dari itu hindari "Best Apperance" dan lebih menyudut ke "Best Performance".

Catatan :

Cara di atas selalu saya terapkan pada saat menggunakan smartphone Android menengah ke-bawah, sebenarnya masih ada tips dan trick lainnya untuk mengoptimalkan performa Android spek rendah.

Namun dengan menerapkan ke-delapan cara di atas yang saya jabarkan juga sudah cukup untuk memaksimalkan smartphone Android anda, agar terhindar dari yang namanya lag, lemot dan hang.

Begitulah Tips Jitu Untuk Memaksimalkan Android Spek Rendah, semoga bermanfaat ya intinya gini sob, coba deh di pikirkan, karena smartphone Android dengan spesifikasi rendah tidak memungkinkan untuk menggunakan serba-serbi fitur yang terbilang unik, maka lebih memilah performa dari pada penampilan.

Karena performa Android maksimal namun tidak menarik lebih baik ketimbang penampilan menarik performa alaihim, hehe, mungkin itu saja sob yang dapat saya sampaikan, semoga saja artikel ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya terutama bagi yang membutuhkan informasi seputar dunia Android, oke sampai jumpa di artikel yang selanjutnya.

Artikel Terkait

Tips Jitu Untuk Memaksimalkan Android Spek Rendah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.