Wednesday, June 1, 2016

Inilah Bahaya Charging Smartphone Menggunakan Laptop

Jika kamu sangat aktif di luar rumah pastinya kamu tidak lupa dengan yang namanya powerbank, untuk melakukan charging smartphone kesayangan kamu pada saat baterai mulai mau habis, atau beberapa kalian mungkin lebih mengandalkan laptop sebagai sarana pengisian daya baterai smartphone kamu.

Tapi ingat jangan terlalu sering charging smartphone kamu dengan menggunakan perangkat laptop, karena ada bahayanya juga, pastikan hanya menggunakannya saat-saat darurat saja, jangan terlalu sering juga menggunakannya, karena untuk menghindari hal-hal berikut ini.

Inilah Bahaya Charging Smartphone Menggunakan Laptop


Memperpendek Umur Smartphone Kamu

Meskipun smartphone kamu dapat di charging pada saat kamu menyambungkan melalui port USB menggunakan bantuan kabel data, tapi arus listrik yang di hantarkan melalui laptop ke smartphone kamu tersebut bukanlah aliran listrik yang terbilang normal, bahkan bisa di bilang aliran listrik yang sangat lemah.

Laptop sendiri menggunakan energi baterai untuk dapat hidup, masa harus di oper lagi dari baterai ke baterai, yang jelas karena hal ini dapat merusak smartphone kamu begitu juga dengan laptop yang digunakan untuk charging.

Membuat Baterai Laptop Cepat Rusak

Karena laptop sendiri menggunakan baterai untuk dapat kamu gunakan sama halnya dengan smartphone, maka tidak jauh beda juga dengan powerbank, jika kamu menggunakan laptop untuk mengisi daya smartphone, tentu saja kan disini terlihat bahwa smartphone kamu sedang menarik energi lebih dari laptop tersebut.

Kamu sendiri sudah tahu kan hasilnya, ya hasilnya baterai laptop kamu akan lebih cepat terkuras sehingga kamu perlu melakukan charging lebih sering, jangankan untuk digunakan charging smartphone bahkan digunakan normal juga laptop tidak awet baterainya, dengan hal ini tentu akan memperpendek umur baterai laptop kamu.

Sangat Rawan Pencurian Data

Inilah Bahaya Charging Smartphone Menggunakan Laptop

Ini yang lebih berbahaya, berbahaya banget kalo kamu sudah kena masalah gara-gara om hekel, gini loh pada saat proses pairing antara smartphone dengan laptop ketika saling terhubung, om hacker bisa saja mencuri data-data smartphone kamu yang sedang dalam proses charging tersebut.

Hal ini dapat terjadi karena proses pairing smartphone dan laptop saling terhubung membuat data-data seperti nama perangkat, jenis perangkat, nomor seri, info firmware, info OS, daftar file, hingga chip ID smartphone kamu dapat terbaca oleh laptop.

Karena hal tersebut kamu pasti sudah tahu kan hasilnya bagaimana? ini sama saja dengan memberi peluang untuk tindak kejahatan, seperti halnya tindakan meretas ala om hekel, dengan memberikan celah tersebut tentu dapat merugikan kamu seperti kehilangan data-data penting kamu.

Bagaimana sob, masih pengen charging smartphone dengan laptop? bukannya tidak boleh hanya saja ini untuk kebaikan kamu juga, selain dapat merusak smartphone kamu membiasakan charging menggunakan laptop dapat membuat laptop kamu ikut rusak juga, jadi double kan? sayang juga kan kalo kudu dua-duanya rusak.

Jadi lebih baik hindari kebiasaan tersebut terkecuali emang lagi kepepet banget, misalnya emang sedang keadaan sangat darurat dan begitu penting ini masih bisa kamu pertimbangkan, oke mungkin hanya itu saja yang dapat saya jabarkan, semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Inilah Bahaya Charging Smartphone Menggunakan Laptop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Saya tidak akan menampilkan komentar yang berisikan kata-kata kotor, intimidasi dan sara.